• Kamis, 11 Agustus 2022

Miliki Segudang Prestasi, Ponpes Al-Kautsar Tangsel Jadi Rujukan Studi Banding LPTQ Babel

- Kamis, 10 Maret 2022 | 23:34 WIB
Pimpinan Ponpes Al- Kautsar, KH Muhamad Ali HM saat memberikan cindera mata. (Foto: Harian Massa.)
Pimpinan Ponpes Al- Kautsar, KH Muhamad Ali HM saat memberikan cindera mata. (Foto: Harian Massa.)

HARIAN MASSA – Keberadaan Pondok Pesantren Al-Kautsar, menjadi salah satu rujukan studi banding Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Seperti diketahui, pada Rabu 9 Maret 2022, Ponpes yang berada di Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) tersebut kedatangan rombongan Gubernur Bangka Belitung yang diwakili oleh Ketua LPTQ Bangka Belitung, H Sopian, Kamis 10 Maret 2022.

Informasi yang berhasil dihimpun Harian Massa, rombongan LPTQ Bangka Belitung menjadikan Ponpes Al-Kautsar sebagai salah satu rujukan studi banding. Hal itu lantaran dalam catatan, Ponpes Al-Kautsar memiliki sederet prestasi kejuaraan MTQ tingkat kota, provinsi, nasional hingga manca negara.

Baca Juga: Tak Ingin Dicurangi Perusahaan Outsourcing, Security Puspitek Unjuk Rasa

“Kita dari tingkat kecamatan, kota, provinsi, nasional dan bahkan internasional sudah semua. Seperti berprestasi di Malaysia, Maroko dan di Saudi Arabia kita sudah berkiprah,” jelas Pimpinan Ponpes Al- Kautsar, KH Muhamad Ali HM.

Baca Juga: Miris! Ibu Hamil Alami Pendarahan Dipikul Keluar Masuk Hutan Lewati Sungai ke Puskesmas

Kendati demikian, KH Muhamad Ali menjelaskan terkait pembelajaran yang diberikan kepada santri-santrinya. Pasalnya, selain terdapat pondok pesantren, Al-Kautsar pun juga memiliki gedung untuk sekolah menengah tingkat pertama atau SMP.

Dalam pembelajaran itu para guru yang mengajar memegang 10 siswa hingga 12 siswa. Menurut KH Muhamad Ali, hal itu agar para guru dengan mudah dapat mengontrol siswa maupun siswinya.

Baca Juga: Corona Menurun, Tempat Rekreasi dan Sekolah di Tangsel Mulai Dibuka

“Jadi satu guru itu bisa megang 10-12 orang, supaya lebih mudah terkontrol ya. Itu dari Alquran yaitu mulai tafsinya, membaca alquran dengan baik, ada juga yang masih Iqro dan kemudian meningkat lagi kepada yang mujawwad,” tuturnya

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X