• Selasa, 9 Agustus 2022

Hindari Bidah, Miftachul Akhyar Nyatakan Mundur dari Ketua Umum MUI

- Rabu, 9 Maret 2022 | 18:24 WIB
Miftachul Akhyar
Miftachul Akhyar

HARIAN MASSA - Kabar mengejutkan datang dari Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar

Secara tiba-tiba, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum MUI

Hal ini disampaikan oleh Kiai Miftah saat memberikan pengarahan dalam Rapat Gabungan Syuriyah-Tanfidziyah PBNU di Kampus Unusia Parung, Bogor, Jawa Barat, sore ini.

Baca juga: Serangan Umum 1 Maret 1949 dan Pistol Owen Kesayangan Soeharto

Kiai Miftah memilih tidak mau merangkap jabatan Rais Aam PBNU

"Di saat ahlul halli wal aqdi (Ahwa) Muktamar ke-34 NU menyetujui penetapan saya sebagai Rais Aam, ada usulan agar saya tidak merangkap jabatan. Saya langsung menjawab samina wa athana (kami dengarkan dan kami patuhi). Jawaban itu bukan karena ada usulan itu, apalagi tekanan," kata Kiai Miftah, dikutip NU Online, Rabu (9/3/2022).  

Pria yang pernah menjabat sebagai Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur 2007-2015 itu, lalu menceritakan proses pemilihan dirinya jadi Ketua Umum MUI pada November 2020. 

Baca juga: Anggota DPRD Kota Tebing Tinggi Adu Jotos, Saling Teriak dan Kejar-kejaran

"Dua tahun sebelumnya, saya sudah dirayu agar bersedia jadi Ketua Umum MUI. Semula saya keberatan, tapi kemudian saya takut menjadi orang pertama yang berbuat bidah di dalam NU. Karena selama ini Rais Aam PBNU selalu menjabat Ketua Umum MUI," sambungnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X