• Kamis, 18 Agustus 2022

Sadis dan Menjijikan! Komnas HAM Ungkap Metode Penyiksaan Narapidana di Lapas Narkotika Yogyakarta

- Selasa, 8 Maret 2022 | 12:59 WIB
Ilustrasi napi Lapas Narkotika Yogyakarta. Foto: Tangkapan layar
Ilustrasi napi Lapas Narkotika Yogyakarta. Foto: Tangkapan layar

HARIAN MASSA -Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melaporkan adanya penyiksaan di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. 

Komisioner Pemantauan/Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam mengatakan, praktik penyiksaan berlangsung beriringan dengan upaya pemberantasan penggunaan narkotika di dalam lapas. 

"Celakanya, ketika intensitas (pemberantasan narkoba) ini sangat tinggi yang terjadi adalah tindak kekerasan, penyiksaan, dan merendahkan martabat, muncul di situ," kata Choirul Anam, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Kudus Heboh! Akses Jalan Rumah Janda Dipagar Tembok 2 Meter oleh Tetangga

Dari hasil pemeriksaan, penganiayaan dilakukan oleh petugas lapas terhadap para narapidana kasus narkotika di dalam lapas itu. 

"Ada petugas yang mengakui telah melakukan tindakan pemukulan, menendang, dan mencambuk menggunakan selang, itu ada," bebernya.

Selain itu, ada pula petugas yang mengaku melihat pemukulan dan penelanjangan terhadap narapidana baru sebelum masuk di blok.

Baca juga: Brutal! Gerombolan Geng Motor Serang Pemukiman di Depok, 3 Warga Terluka Sabetan Celurit

Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Wahyu Pratama Tamba menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaannya, ada sembilan tindakan penyiksaan terhadap WBP di lapas itu.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X