• Selasa, 9 Agustus 2022

Kerawang Diterjang Puting Beliung, BPBD Laporkan Ratusan Rumah Rusak Parah

- Minggu, 6 Maret 2022 | 12:10 WIB
Rumah tertimpa pohon. (Foto: Harian Massa.)
Rumah tertimpa pohon. (Foto: Harian Massa.)

HARIAN MASSA - Karawang, Jawa Barat menjadi salah satu wilayah yang turut diterjang angin kencang dan puting beliung yang terjadi pada Sabtu 5 Maret 2022 kemarin. Angin puting beliung dilaporkan menerjang 10 kecamatan di Karawang hingga mengakibatkan ratusan rumah rusak.

Informasi yang berhasil dihimpun Harian Massa, dampak paling parah akibat anhin puting beliung terjadi di Kecamatan Cilamaya Wetan. Pasalnya, angin puting beliung menerjang 6 desa dan merusak 109 rumah warga.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Karawang menyebutkan, kerusakan rumah warga terjadi akibat terjangan angin dan sebagian karena tertimpa pohon tumbang.

Baca Juga: Viral! Diduga Bocah Baduy Duduk di Kursi Bertuliskan Rio Kebal Jarum Suntik saat Vaksin, Ini Faktanya

Kepala BPBD Karawang, Yasin Nasrudin menjelaskan rentetan terjadinya puting beliung yang menimpa di wilayahnya. Menurut Yasin, angin puting beliung terjadi pada Sabtu sore dan menerjang 10 kecamatan di Karawang.

Kata Yasin, kebanyakan kecamatan yang diterjang angin puting beliung berada diwilayah pesisir Karawang.

"Kemarin itu terjadi angin puting beliung dalam waktu bersamaan di 10 kecamatan. Namun yang paling parah di Kecamatan Cilamaya Wetan yang berdampak di 6 desa dan merusak 109 rumah. Sementara di kecamatan lainnya hanya beberapa rumah saja," kata Yasin.

Baca Juga: Pemerintah Tidak Hilangkan Peran Soeharto dalam Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949

Yasin menjelaskan, sebanyak 6 desa di Kecamatan Cilamaya Wetan yaitu Desa Cikalong, Cikarang, Muara Baru, Rawagempol, Mekarmaya dan Desa Muara Lama. Dari 6 desa tersebut berdampak kepada 89 Kepala Keluarga dan 238 jiwa.

"Kebanyakan kerusakan rumah dibagian atap karena genting berterbangan akibat terjangan angin. Kemudian kerusakan juga akibat pohon tumbang menimpa rumah. Petugas kami sedang melakukan pendataan di 10 kecamatan," katanya.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X