• Senin, 15 Agustus 2022

Pernyataan Ustad Khalid Basalamah Dangkal tentang Wayang, Ini Penjelasan Abdul Muti

- Selasa, 15 Februari 2022 | 14:22 WIB
Ilustrasi wayang. Foto: Istimewa
Ilustrasi wayang. Foto: Istimewa


HARIAN MASSA - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti menilai, pernyataan Ustaz Khalid Basalamah tentang wayang dangkal.

Menurutnya, wayang merupakan media dakwah yang efektif dan diterima oleh semua kalangan. Pemahaman Ustaz Khalid pun dinilai sangat dangkal tentang wayang, karena tidak melihat sejarah tersebut.

"Pernyataan Ustadz Khalid Basalamah tentang wayang menunjukkan pemahaman yang dangkal tentang wayang," katanya, dikutip dari Harian Massa dari Twitter Abdul Mu'ti @Abe_Mukti, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Tok! Herry Wirawan Divonis Seumur Hidup Penjara karena Perkosa Belasan Santriwati hingga Melahirkan

Dilanjutkan dia, pada masa penyebaran Islam di Nusantara, wayang menjadi media penyebaran yang dapat diterima semua kalangan.

"Pernyataan Ustadz Khalid Basalamah tentang wayang menunjukkan pemahaman yang dangkal tentang wayang. Dalam sejarah dakwah Islam, wayang merupakan media dakwah yang efektif," sambungnya.

Tidak hanya itu, saat ini wayang telah menjadi sarana kreativitas warga yang Sarat dengan nilai-nilai Islam dalam membentuk budaya bangsa.

Baca juga: Perahu Terhempas Ombak Setinggi 2 Meter, Nelayan Ditemukan Tewas di Pantai Karangsari

"Wayang di Indonesia merupakan wujud kreativitas seni dan inkulturasi nilai-nilai Islam yang turut membentuk budaya luhur bangsa. Sekarang ini, kesenian yang berbasis dan mengakar di masyarakat justeru perlu dipopulerkan sebagai bagian dari pelestarian budaya," bebernya.

Meski demikian, sejumlah netizen malah membela Ustaz Khalid dan balik mengatakan, justru pemahaman Abdul Muti yang dangkal.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X