• Selasa, 9 Agustus 2022

Aktivitas Gunung Tangkuban Parahu Meningkat, Warga Diminta Jauhi Kawah Ratu

- Minggu, 13 Februari 2022 | 17:12 WIB
Kawah ratu. Foto: Istimewa
Kawah ratu. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Aktivitas gunung api Tangkuban Parahu, berupa gas dari kawan ecoma yang ada di Kawah Ratu, mengalami peningkatan. 

Tampak, hembusan gas berwarna putih dengan tekanan sedang, tinggi sekitar 100 m dari dasar kawah. Hembusan gas yang terjadi, diduga akibat adanya air bawah atau air yang meresap ke bawah permukaan.

Dilansir dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, air bawah yang terpanaskan membentuk akumulasi uap air bertekanan tinggi. 

Baca juga: Kisah Asmaul Husna: Budak Perempuan yang Disiksa hingga Matanya Buta

"Sehingga terjadi over pressure dan keluar melalui rekahan sebagai zona lemah, berupa hembusan yang cukup kuat," tulis pengumuman itu, seperti dikutip Harian Massa, Sabtu (13/2/2022).

Dilanjutkan pengumuman itu, hembusan berwarna putih di Kawah Ratu didominasi oleh uap air. Dinamika aktivitas vulkanik di dekat permukaan seperti ini, dapat terjadi karena adanya perubahan kesetimbangan energi yang berasal faktor internal maupun eksternal.

"Faktor internal berasal dari tekanan uap magma yang naik dari kedalaman. Faktor eksternal dapat berasal dari curah hujan dan tingkat evaporasi/penguapan," sambungnya.

Baca juga: Bikin Merinding! Pesan dari Dalam Kubur Kiai Bisri kepada Anaknya Gus Mus

Meningkatnya aktivitas gunung api ini ditandai dengan terekamnya dua kali gempa gempa vulkanik dangkal, satu kali gempa frekuensi rendah, serta 80 kali gempa hembusan, selama 1 Januari-11 Februari 2022. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X