• Senin, 15 Agustus 2022

Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Waduk Bener Purworejo Meski Ditolak Warga Wadas

- Jumat, 11 Februari 2022 | 18:57 WIB
Ilustrasi Waduk Bener. Foto: Istimewa
Ilustrasi Waduk Bener. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Pembangunan Waduk Bener, di Desa Wadas, Bener, Purworejo, Jawa Tengah (Jateng), dilanjutkan meski ditentang sebagian warga. 

Hal ini ditegaskan Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani. Pihaknya pun akan mengubah pendekatan kepada masyarakat dengan cara melakukan musyawarah. 

“Seperti yang kerap diarahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di berbagai kesempatan, proses pendekatan terhadap masyarakat harus santun, persuasif, dan mengedepankan pendekatan budaya," katanya, dalam pesan tertulis yang diterima Harian Massa, Jumat (11/2/2022).

Baca juga: Puan Maharani Jengkel Ada Gubernur dari PDI Perjuangan yang Malas Menyambutnya

Dijelaskan dia, pola pendekatan humanis itu disampaikan pula saat rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) dan Kantor Staf Presiden (KSP). 

"Dengan model pendekatan yang mengutamakan local wisdom, tetua masyarakat dan tokoh ormas keagamaan akan turut dilibatkan dalam proses musyawarah terkait pembangunan Waduk Bener," bebernya.

Untuk menjamin transparansi, pemerintah berjanji akan memberi akses kepada Komnas HAM jika ditemukan pelanggaran HAM.

Baca juga: Komoditas Batuan Andesit Tua di Desa Wadas Purworejo Berkualitas Baik

Seperti diketahui, pembangunan Waduk Bener terhambat karena adanya penolakan dari warga Desa Wadas terhadap pembukaan lahan tambang andesit di desanya sejak tahun 2017 lalu.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X