• Selasa, 16 Agustus 2022

Dukung Petisi Warga Desa Wadas, Hentikan Pembangunan Tambang Batuan Andesit

- Rabu, 9 Februari 2022 | 15:06 WIB
Warga Desa Wadas melawan kerusakan lingkungan di desa mereka. Foto: Istimewa
Warga Desa Wadas melawan kerusakan lingkungan di desa mereka. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Koalisi masyarakat Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, membuat petisi hentikan tambang andesit

Petisi ini masih berlangsung dan butuh lebih banyak dukungan untuk mencapai 35.000 tanda tangan. Tambang batuan andesit di Desa Wadas merupakan sumber konflik yang terjadi di kawasan itu.  

Dengan tambang batuan andesit itu, maka sebagian besar wilayah desa Wadas akan dikeruk habis dan akan dijadikan lokasi tambang batuan andesit untuk memasok material Bendungan Bener.

Baca juga: Atas Nama Gusdurian, Alissa Wahid Minta Polisi Bebaskan Warga Wadas yang Ditahan

Dampak langsung dari kegiatan itu, 28 titik sumber mata air akan rusak dan petani akan kesulitan mengairi lahan pertaniannya. 

Tidak hanya itu, bencana alam seperti tanah longsor juga mengancam jika kegiatan ini terus dilakukan. Hal ini juga menyambung dengan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Purworejo 2011-2031, Kecamatan Bener (termasuk didalamnya Desa Wadas) merupakan bagian dari kawasan tawan bencana tanah longsor.

Dalam petisi itu juga disebutkan, dengan pembangunan tambang dan Bendungan Bener, warga Desa Wadas hanya akan menjadi korban. 

Baca juga: Penangkapan Yayak Yatmaka dan Catatan Kekerasan di Desa Wadas Purworejo

Apalagi, untuk memasok batuan andesit pembangunan Bendungan Bener, 145 ha lahan di desa itu akan dikeruk habis untuk jadi tambang. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X