• Jumat, 19 Agustus 2022

Daftar Obat Berbahaya yang Sering Dikonsumsi untuk Tangani Covid-19

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 13:58 WIB
Ilustrasi vitamin dan obat-obatan. Foto: Pixabay
Ilustrasi vitamin dan obat-obatan. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan, ada sejumlah obat yang jika dikonsumsi akan memberikan efek samping yang berbahaya.  

Bagi anda yang hingga kini masih meminum obat-obat itu untuk Covid-19, sebaiknya segera hentikan, karena membahayakan kesehatan. 

"Obat-obat yang dulu dipakai untuk Covid-19 dan kini terbukti tidak bermanfaat, bahkan menyebabkan efek samping serius pada beberapa kasus," cuitnya, dikutip dari Twitter @ProfesorZubairi, Sabtu (5/2/2022).

Baca juga: Siti Badriah Terpapar Omicron saat Hamil Besar, Doa Kesembuhan Langsung Mengalir

Sejumlah obat-obatan itu antara lain Ivermectin, Klorokuin, Oseltamivir, Plasma Convalescent, dan Azithromycin. 

"Ivermectin tidak disetujui Badan Pengawas Obat & Makanan (FDA) AS, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan regulator obat Uni Eropa. Banyak laporan pasien yang memerlukan perhatian medis, termasuk rawat inap, setelah konsumsi Ivermectin," sambungnya. 

Sementara Klorokuin, sudah dipakai oleh ratusan ribu orang di dunia. Namun terbukti malah berbahaya untuk jantung. Manfaat antivirusnya justru enggak ada. Jadi, klorokuin tidak boleh dipakai lagi.

Baca juga: Guncangan Gempa Banten Dirasakan Keras Disejumlah Tempat, Ternyata Ini Penyebabnya

"Oseltamivir, obat ini sebenarnya untuk Influenza. Tidak ada bukti ilmiah untuk mengobati Covid-19. Bahkan, WHO sudah menyatakan obat ini tidak berguna untuk Covid-19. Kecuali saat Anda dites terbukti positif Influenza, yang amat jarang ditemukan di Indonesia," bebernya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X