• Kamis, 18 Agustus 2022

DLH Gunakan Perda Nomor 9 Tahun 2012, Sanksi Menanti Pembuang Sampah Sembarangan di Tangsel

- Rabu, 26 Januari 2022 | 11:05 WIB
Pengumuman sanksi bagi peembuang sampah sembarangan di Tangerang Selatan. (Foto: Don Oslo/Harian Massa)
Pengumuman sanksi bagi peembuang sampah sembarangan di Tangerang Selatan. (Foto: Don Oslo/Harian Massa)

HARIAN MASSADinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menutup semua Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar. Pasalnya, TPS liar tersebut memicu aktivitas warga terganggu.

Selain menyebabkan aroma menyengat akibat yang ditimbulkan dari sampah, keberadaan TPS liar pun dinilai juga mengganggu lingkungan sekitar.

Lantaran itu, DLH Tangerang Selatan bakal menutup semua TPS liar yang ada di wilayahnya. Bahkan dengan tegas, sanksi bakal dilakukan kepada pembuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Mengganggu Aktivitas Warga, Tempat Pembuangan Sampah Liar di Ciputat Ditutup

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangerang Selatan, Wahyunoto Lukman menegaskan bahwa pihaknya bakal memberikan sanksi kepada pembuang sampah sembarangan di Tangerang Selatan.

Sanksi tersebut, kata Wahyu, merujuk kepada Perda nomor 9 tahun 2012 tentang ketertiban umum dan ketrentaman masyarakat. Sanksi bagi pembuang sampah liar akan dikenakan denda Rp 50 juta atau kurungan penjara paling lama 6 bulan.

“Kita akan menutup semua TPS liar di Tangsel, selain itu kita juga akan memberikan sosialisasi kepada warga. Ada sanksinya bagi pembuang sampah sembarangan berdasarkan Perda nomor 9 tahun 2012,” jelas Wahyunoto Lukman ketika dijumpai Harian Massa di Sawah Baru, Ciputat, Rabu 26 Januari 2022.

Baca Juga: Wujudkan Restorative Justice, Kapolda Metro Jaya Ingin Polisi Tidak Tidur

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan telah menutup TPS liar yang berada di Jalan Cenddawasih Raya,, Sawah Baru, Ciputat. TPS itu ditutup lantaran mengganggu aktivitas warga.

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X