• Rabu, 29 Juni 2022

Akibat Plat Nomor Mati, Polisi Tindak Bus Klasik Alam Sutera

- Rabu, 12 Januari 2022 | 14:05 WIB
Akibat Plat Nomor Mati, Polisi Tindak Bus Klasik Alam Sutera (Foto: Genta/Harian Massa.)
Akibat Plat Nomor Mati, Polisi Tindak Bus Klasik Alam Sutera (Foto: Genta/Harian Massa.)
HARIAN MASSA - Satlantas Polres Tangerang Selatan (Tangsel) menindak sejumlah bus klasik di Alam Sutera. Pasalnya, bus-bus yang dipergunakan untuk moda angkutan di Kawasan Alam Sutera tersebut didapati plat nomornya sudah kadaluwarsa alias mati, akibat itu polisi tindak bus klasik Alam Sutera.
 
Informasi yang berhasil dihimpun Harian Massa, pihak kepolisian menindak sejumlah bus Suteraloop yang digunakan sebagai moda angkutan kawasan di Jalan Alam Sutera Boulevard, Pakulonan, Serpong Utara. Akibat plat nomor mati, polisi tindak bus klasik Alam Sutera, Rabu 12 Januari 2022.
 
Bus-bus yang berbentuk unik tersebut diketahui melanggar Undang-Undang (UU) Lalu lintas Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 280 tentang penggunaan plat nomor. Bahkan, tampak sejumlah bus Alam Sutera itu memiliki plat nomor yang sudah mati sejak tahun 2019, lantaran itu polisi tindak Blbus klasik Alam Sutera.
 
 
Pantauan Harian Massa dilokasi, bus-bus berbentuk unik tersebut didatangi petugas kepolisian dengan melakukan pemeriksaan plat nomor kendaraan.
 
Kanit Turjawali Satlantas Polres Tangerang Selatan, Iptu Rokhmatulloh menjelaskan pihaknya memberikan peringatan kepada para pengemudi agar menghentikan operasional sementara waktu. Operasional bus dihentikan hingga proses administrasinya diselesaikan.
 
"Kita sudah cek dan lakukan penindakan. SIM nya kita tahan," terang Kanit Turjawali Satlantas Polres Tangsel, Iptu Rokhmatulloh.
 
 
Bus berwarna dominan merah itu beroperasi terbatas. Rutenya sendiri terbagi pada beberapa jalur, yakni jalur merah, kuning, hijau dan biru. Pada beberapa titik disediakan pula halte bagi para penumpangnya.
 
"Kalau berdasarkan UU lalin, maka bisa kita tilang. Sementara ini kita belum cek surat-surat kendaraannya, karena alasannya masih di manajemen. Nanti kalau terbukti STNK nya juga mati, maka bus-bus ini akan kita amankan," ungkap Rokhmat.
 
 
Akibat penertiban petugas, bus-bus itu nampak menghentikan operasionalnya di lapangan. Namun hal tersebut tak diketahui para penumpang yang sudah menunggu berjam-jam di halte. 
 
"Iya tumben, ini saya menunggu udah hampir 2 jam nggak datang bus nya. Nggak tahu kenapa ya," tutur LN, pria paruh baya yang bertanya pada sekuriti di lokasi.
 

Editor: Don Oslo

Tags

Terkini

X