• Rabu, 10 Agustus 2022

Melihat Peringatan Natal di Desa Lasem yang Damai, Hanya Dirayakan Dua Orang Saja

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 07:53 WIB
Peringatan Natal di Lasem hanya dilakukan oleh dua orang saja. Foto: Istimewa
Peringatan Natal di Lasem hanya dilakukan oleh dua orang saja. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Peringatan Natal di Pegunungan Lasem, tepatnya di Desa Kajar, Lasem, Kabupaten Rembang, berlangsung damai.

Peringatan Natal di Desa ini, hanya diikuti oleh satu kepala keluarga (KK). Meski demikian, ibadah Natal di Gereja Katolik Stasi Ave Maria Kajar, Paroki St. Petrus & Paulus Rembang, tetap dilangsungkan.

Kepala Desa Kajar, Widayat mengatakan, gereja tersebut merupakan peninggalan zaman Belanda yang masih terawat hingga kini.

Baca juga: Hidayat Nur Wahid Kembali Disorot, Diduga Bermain SARA di Nias Utara

"Begitu cerita turun temurun dari kakek nenek kita. Sejak saya kecil, Gereja itu sudah ada," tuturnya, Sabtu (24/12/2021).

Dijelaskan dia, di Desa Kajar hanya ada satu kepala keluarga pemeluk agama Katolik, yakni pasangan suami isteri Totok dan Titik Umiyati.

Meski demikian, masyarakat desa itu yang mayoritas beragama Islam hidup rukun. Bahkan saat perayaan Natal dan hanya diperingati oleh satu KK, mereka sangat mendukung upaya peringatan itu.

Baca juga: Sadis! Bayi Ditemukan di Parit dengan Kondisi Berlumut

"Pak Totok, ya biasa berbaur dengan umat Islam di sini, nggak masalah. Gereja juga sering digunakan oleh umat Katolik dari luar desa, masyarakat sini sangat welcome banget," sambung Widayat.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X