• Sabtu, 13 Agustus 2022

Jokowi Terbitkan Perpres Nomor 53 Tahun 2021, Ini Isinya

- Jumat, 10 Desember 2021 | 17:41 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan layar twitter @jokowi.)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan layar twitter @jokowi.)

HARIAN MASSAPresiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 53 tahun 2021. Perpres tersebut tentang rencana aksi nasional hak asasi manusia.

Seperti dikutip Harian Massa dari akun twitter @jokowi menyampaikan, Perpres nomor 53 tahun 2021 menyasar pada kelompok perempuan, anak, masyarakat adat, dan penyandang disabilitas.

“Pemerintah telah menerbitkan Perpres tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia 2021–2025 untuk melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM,” tulis Presiden Joko Widodo seperti dikutip Harian Massa dari akun twitter @jokowi, Jum’at 10 Desember 2021.

Baca Juga: Wali Kota Bandung ‘Mang Oded’ Meninggal Dunia, Benyamin Davnie Berduka! Ternyata Punya Kenangan Saat Bersama

“Sasaran utamanya adalah kelompok perempuan, anak, masyarakat adat, dan penyandang disabilitas,” jelas Jokowi dalam akun tersebut.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Oded Danial Diduga Terkena Serangan Jantung, Ini Tanda-tandanya

Menurut Jokowi, Perpres tersebut menegaskan bahwa penegakan hak asasi manusia (HAM) disebutkan tidak hanya mencakup penghormatan dan perlindungan hak sipil dan politik saja.

Perpres nomor 53 tahun 2021 ini juga menegaskan bahwa penegakkan HAM bukan hanya mencakup penghormatan dan perlindungan hak sipil dan politik saja, tapi juga hak ekonomi, sosial dan budaya, terutama kelompok-kelompok rentan yang perlu kita lindungi dan penuhi hak-haknya,” tegasnya.

Baca Juga: Duh! Pengusaha Nasi Goreng 'Fortuner' di Tangsel Kena Tipu Kerugian Capai 1 Miliar Lebih

Dengan begitu, Jokowi menyampaikan bahwa kemiskinan harus dientaskan hingga nol persen dengan cara memberikan kesempatan kerja.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Sumber: Twitter @jokowi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X