• Sabtu, 2 Juli 2022

Buntut Pengungkapan Pengiriman Narkoba Lewat Pos di Gintung, BNN Tangsel Pantau Jasa Kurir

- Rabu, 8 Desember 2021 | 21:55 WIB
Kepala BNN Kota Tangerang Selatan, AKBP Renny Puspita. (Foto: Genta/Harian Massa.)
Kepala BNN Kota Tangerang Selatan, AKBP Renny Puspita. (Foto: Genta/Harian Massa.)
HARIAN MASSA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), tengah memantau jasa kurir. Hal itu menyusul adanya pengiriman narkoba dari Belanda melalui jasa pengiriman pos yang telah diungkap BNN beberapa waktu lalu.
 
Informasi yang berhasil dihimpun Harian Massa, pemesannya merupakan seorang remaja berinisial PAL yang bertempat tinggal di Jalan Buntu Raya, Kampung Gintung, Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel).
 
Dari tangan pelaku, petugas BNN mengamankan 1 paket kiriman pos berupa sebuah kotak kardus yang didalamnya terdapat kemasan berisi kristal warna kuning yang diduga menjadi bahan dasar pembuatan tembakau sintetis.
 
 
Paket bahan narkoba itu dipesan dari negara Belanda, pelaku PAL menggunakan transaksi online dalam pemesanan. Guna menghindari kecurigaan, maka jasa pos yang dipilih dalam pengantaran paket.
 
Kepala BNN Tangsel AKBP Renny Puspita menerangkan, pengiriman menggunakan jasa kurir dipilih para pengguna narkoba karena lebih menjamin keamanan dalam menghindari penjejakan petugas.
 
 
"Satu tahun belakangan ini banyak sekali pembelian lewat online. Saya lihat di kepolisian (Satnarkoba) juga banyak sekali lewat online. Karena kalau beli langsung gitu, mereka sudah tahu takut dipancing atau sebagainya," katanya, Rabu 8 Desember 2021.
 
 
Menurut Renny, salah satu contoh kasus yang pernah ditangani BNN adalah pengungkapan pengiriman bahan tembakau sintetis melalui jasa pos di Cirendeu, Ciputat Timur, pada 5 November 2021.
 
"Jadi sudah banyak mengalihkan melalui online. Pakai jasa kurir lewat pos, kurir paket, itu ada. Kalau lewat gojek itu tidak ada, selama ini belum ada," ungkap dia.
 
 
Mengantisipasi itu, Renny menyebut jika jajarannya lebih meningkatkan pemantauan pada transaksi online khususnya yang menggunakan jasa kurir pengantaran paket.
 
"Kita tentu akan lebih memantau jasa-jasa pengiriman itu," tandasnya.

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X