• Selasa, 9 Agustus 2022

Semakin Terkepung, Israel Umumkan Penyelesaian Penghalang di Sekitar Gaza

- Rabu, 8 Desember 2021 | 10:18 WIB
Ilustrasi. (Foto: Pixabay.)
Ilustrasi. (Foto: Pixabay.)

HARIAN MASSAIsrael mengumumkan pada Selasa, penyelesaian penghalang besar di sekitar Jalur Gaza. Proyek yang membutuhkan waktu tiga setengah tahun pengerjaan tersebut, akan membuat wilayah jalur Gaza semakin terkepung.

Pihak Israel menyatakan, pembangunan penghalang ini merupakan tindakan balasan setelah Hamas menggunakan terowongan bawah tanah untuk beraktivitas selama serangan mereka pada 2014 lalu.

Kementerian pertahanan Israel pun mengatakan, penghalang ini mencakup ratusan kamera, radar dan sensor lainnya. Penghalang ini membentang sejauh 65 km dan menggunakan 140.000 ton besi dan baja dalam konstruksinya.

Baca Juga: Kebakaran Hebat di Tambora Jakarta, Satu Keluarga 5 Jiwa Tewas Terpanggang

“Penghalang ini merupakan proyek inovatif dan berteknologi maju, menghalangi Hamas dari salah satu kemampuan yang coba dikembangkannya,” kata Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz, dilansir Harian Massa dari laman Middle East Eye pada Rabu, 8 Desember 2021.

Baca Juga: Bubarkan Balap Liar di Pondok Indah, Anggota Sabhara Polres Tangsel Dipukuli Geng Motor

Kementerian mengatakan, penghalang tersebut tingginya lebih dari enam meter. Sementara untuk tembok bawah tanah, pihak kementerian tidak mengungkapkan berapa kedalamannya.

Untuk diketahui, Israel telah mempertahankan blokade yang dianggap melumpuhkan Jalur Gaza sejak 2007. Menurut para kritikus, blokade ini telah memberikan kelumpuhan ekonomi terhadap dua juta penduduk Gaza.

Baca Juga: 8 Korban Tewas Letusan Gunung Semeru Kembali Ditemukan di Curah Kobokan dan Pasir Haji Satuhan

Israel mencegah impor bahan dan peralatan ke Gaza dan telah memberlakukan pembatasan ketat pada ekspor, yang menyebabkan keadaan "kelumpuhan" di beberapa sektor ekonomi Gaza. Mesir yang juga berbatasan dengan Gaza pun turut menjunjung tinggi pengepungan. Membatasi pergerakan masuk dan keluar Gaza di perbatasannya.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X