• Jumat, 19 Agustus 2022

Di PHK, 115 Buruh Pabrik Keramik Essenza Tuntut Duit Pesangon Rp8 Miliar

- Kamis, 2 Desember 2021 | 08:55 WIB
Demo buruh pabrik keramik. Foto: Ibrahim/Harianmassa.id
Demo buruh pabrik keramik. Foto: Ibrahim/Harianmassa.id

HARIAN MASSA - Ratusan karyawan Keramik Essenza menggeruduk kantor pusat perusahaan di Bidakara 2 Pancoran, Jakarta

Ratusan buruh ini merupakan korban PHK. Mereka menuntut uang pesangon dibayar secara tunai sesuai putusan Pengadilan Hubungan Industrial di Pengadilan Negeri (PN) Serang. 

Sebelumnya unjuk rasa itu juga mereka lakukan di Kawasan lndustri Palm Manis. Jalan Dumpit, Gandasari, Jatiuwung, Kota Tangerang

Baca juga: Sidang Korban Penganiayaan Jadi Terdakwa di Tangerang, Diduga Bermotif Pemerasan Rp20 Miliar

Kuasa hukum karyawan, Ranop Siregar mengatakan, aksi buruh ini terpaksa dilakukan karena direksi perusahaan tidak mau membayarkan kompensasi uang pesangon buruh yang di PHK secara tunai. 

Sebagaimana diketahui dalam gugatan perkara No. 166/Pdt.Sus-PHI/2020/PN.Srg, tertanggal 20 Juli 2021, amar putusan hakim menyebut, PT. Internusa Keramik Alamsari dan PT Intikeramik Alamsari Industri Tbk, telah melakukan PHK terhadap 115 orang karyawan.

Baca juga: Tok! UMK 2020 di Jawa Timur Disahkan, Berikut Besarannya di 38 Kabupaten dan Kota

"Atas PHK itu, perusahaan diwajibkan membayar pesangon sebesar Rp8 miliar lebih dan diperintahkan supaya segera dibayar sekaligus atau tunai," katanya, kepada Harian Massa, Kamis (2/12/2021). 

Dilanjutkan dia, sebagai perusahaan besar yang sudah Go Publik, PT Intikeramik Alamsari Industri tidak menjalankan keputusan pengadilan.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X