• Jumat, 3 Desember 2021

Begini Curhatan Nasib Guru Swasta di Tangsel Dalam Peringatan Hari Guru Nasional

- Kamis, 25 November 2021 | 21:59 WIB
Hari Guru Nasional. (Foto: Dok Dindikbud.)
Hari Guru Nasional. (Foto: Dok Dindikbud.)

HARIAN MASSA – Peringatan Hari Guru Nasional pada 25 November tentunya menjadi momentum bahagia bagi para pengajar, khususnya untuk guru di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Namun bagi para guru swasta di Tangsel, momentum ini tentunya terus menjadi perjuangan dalam mendapatkan hak keadilan.

Hal itu lantaran perbedaan tunjangan yang didapat oleh guru negeri dan guru swasta yang dapat dibilang belum bisa sebanding. Meski tugas para pengajar tersebut sama-sama mengajar.

Dengan adanya perbedaan itu, tentunya hal tersebut menjadi catatan bersama. Pasalnya, perbedaan itu seakan-akan guru swasta di Tangsel masih menjadi anak tiri dari sisi tunjangan lantaran penghasilan yang minim.

Baca Juga: Jatuh ke Jurang Sedalam 15 Meter Bersama Motornya, Anggota DPRD Sumbar Meninggal Dunia

Ketua Forum Kepala Sekolah Swasta Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Eko Pranoto kepada Harian Massa menjelaskan, guru honor itu guru yang mengajar di sekolah negeri dan guru swasta yang digaji oleh yayasan tergantung dengan pendapatan.

“Mereka (Guru negeri, red) sudah digaji oleh Pemkot Tangsel dan SK Pemkot tersebut nilainya lumayan besar mendekati Upah Minimum Regional (UMR). Kalau guru swasta, guru yang mengajar di sekolah swasta digaji oleh yayasan atau sekolah dan jauh di bawah UMR,” terang Eko Pranoto, Kamis 25 November 2021.

Baca Juga: Viral! Aksi Pria Bertato Curi Uang Kotak Amal di Masjid Ciracas, Aksinya Terekam CCTV

Dengan demikian, Eko menjelaskan bahwa guru swasta di Tangsel masih menjadi anak tiri. Dengan adanya perbedaan itu, pihaknya berharap keadilan yang didapat oleh guru negeri bisa dirasakan oleh guru swasta.

“Tentunya harapan kami kebijakan yang berkeadilan, tidak hanya kepada guru-guru di sekolah negeri. Namun tenaga pendidik di sekolah swasta juga bisa turut merasakan,” jelas Eko Pranoto.

“Dalam hal pemberian insentif guru swasta, tahun ini mekanisme perlu lebih efisien dan efektif. Guru swasta tidak harus bolak-balik tanda tangan SPJ, bolak-balik ke sekolah dan mengembalikan berkas ke dinas,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dugaan Proyek Mangkrak di Tangsel Dilaporkan ke KPK

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:32 WIB
X