• Jumat, 3 Desember 2021

Konflik Agraria di Berau Tak Kunjung Kelar, Ulayat Dayak Datangi Jakarta

- Kamis, 25 November 2021 | 16:45 WIB
Ilustrasi Kasbi. (Foto: Dok. Kasbi.)
Ilustrasi Kasbi. (Foto: Dok. Kasbi.)

HARIAN MASSA - Masyarakat adat atau Ulayat Dayak, Desa Marjun, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur mengadukan nasibnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima Harian Massa, kehadiran mereka di Jakarta menyusul adanya rasa kecewa pemerintahan Kabupaten Berau yang dianggap lamban dalam mengurus penyelesaian konflik agraria.

Informasinya, masyarakat adat atau Ulayat Dayak Marjun Talisayan yang diketahui sebagai buruh sawit tersebut bsrmaksud mendatangi Istana Merdeka Jakarta bersama Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Baca Juga: Bicara Soal Banjir Jakarta, Anies Baswedan Sampaikan Fakta

Ketua Umum KASBI, Nining Elitos melalui keterangan tertulisnya yang diterima wartawan menyampaikan kehadirannya bersama masyarakat adat atau Ulayat Dayak.

Menurut Nining Elitos, hal ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan Ulayat Dayak Marjun terhadap Pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Nining menjelaskan, pemerintahan setempat lamban dalam menyelesaikan konflik agraria masyarakat adat dengan korporasi sawit. Karena hingga hari ini belum juga Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan keputusan atas persoalan ini.

Baca Juga: Viral Stiker Instagram Prompt Add Yours Diduga Rawan Disalahgunakan

“Persoalan ini timbul sejak tahun 2006 sampai dengan 2008 lalu, yang dimana Perusahaan PT. Tanjung Buyuh Perkasa Plantation melakukan penanaman sawit di atas tanah HGU,” terang Nining Elitos melaluinketerang tertulis yang diterima Harian Massa, Kamis 25 November 2021.

“Dalam perjalanannya, masyarakat adat atau ulayat kemudian melihat ada yang aneh saat ada pohon sawit yang di tanam melewati batas patok HGU yang ada di lokasi tersebut. Sehingga melihat atas peristiwa itu, masyarakat adat menanyakan kepada Perusahaan PT. TBPP tentang izin atau HGU yang digunakan untuk penanaman sawit oleh perusahaaan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dugaan Proyek Mangkrak di Tangsel Dilaporkan ke KPK

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:32 WIB
X