• Senin, 8 Agustus 2022

3 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak

- Sabtu, 13 November 2021 | 10:34 WIB
Ilustrasi, beberapa hal yang bisa merusak fungsi otak. Foto: Pixabay
Ilustrasi, beberapa hal yang bisa merusak fungsi otak. Foto: Pixabay

HARIANMASSA - Penurunan fungsi otak dapat meningkatkan risiko pikun, demensia, dan Alzheimer. Namun, dengan menjaganya tetap sehat, risiko tersebut masih dapat dicegah. Salah satunya dengan menjalani pola hidup sehat.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang juga perlu dikurangi atau sebisa mungkin dihentikan sebab jika otak terlanjur mengalami kerusakan sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Harianmassa.id merangkum kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak otak.

1. Minum alkohol berlebihan

Meminum alkohol dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Anggur merah misalnya, dapat mengurangi lemak tubuh dan beberapa minuman alkohol dapat membuat rileks. Namun jika diminum berlebihan, alkohol dapat membuat otak menyusut.

aBaca Juga: Peneliti: Minum Anggur Merah Bantu Turunkan Tekanan Darah

2. Merokok

Dampak dari merokok tidak hanya merusak paru-paru, tetapi juga dapat merusak otak. Penelitian menemukan merokok secara teratur dapat mengurangi kemampuan kognitif. Bagi perokok yang biasa menghabiskan satu bungkus sehari, menurut penelitian dapat mengurangi pemikiran kritis dan memori hampir dua persen.

Baca Juga: Kasihan! Bayi 6 Bulan Alami Bronkopneumonia karena Asap Rokok, Harus Napas Pakai Oksigen

3. Minum kopi berlebih

Sebuah penelitian di Australia terhadap hampir 400.000 orang menemukan yang melaporkan minum lebih dari enam cangkir kopi sehari memiliki risiko 53 persen lebih tinggi terkena demensia dan volume otak lebih kecil daripada yang minum lebih sedikit. Sementara itu, konsumsi kopi dalam jumlah sedang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk risiko penyakit jantung, Alzheimer, dan Parkinson yang lebih rendah. Jadi, pastikan tidak minum kopi secara berlebihan untuk merasakan manfaatnya.

Halaman:

Editor: Rabbani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X