• Selasa, 16 Agustus 2022

Blanko KTP Langka, Disdukcapil Tangsel Sementara Waktu Hentikan Pelayanan 

- Senin, 1 November 2021 | 18:06 WIB
Ilustrasi e-KTP. (Foto: Harian Massa.)
Ilustrasi e-KTP. (Foto: Harian Massa.)

HARIAN MASSA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk sementara waktu menghentikan pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal itu lantaran blangko e-KTP di Tangsel mulai langka.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangerang Selatan, Dedi Budiawan kepada Harian Massa menjelaskan, untuk sementara pelayanan tanda tangan dan foto e-KTP tidak dapat dilakukan.

Hal itu, kata Dedi, menyusul blangko KTP seluruh Indonesia, termasuk Tangerang Selatan mulai langka. Sebab, hal tersebut kewenangannya ada di Kemendagri.

Baca Juga: Indonesia Resmi Memimpin KTT G20, Jokowi Terima Penyerahan Palu Sidang dari PM Italia

Baca Juga: Polres Tangsel Merilis Pelaku Perampas Handphone di Alam Sutera

Baca Juga: Hutan Mangrove Indonesia Dipuji Dunia, Berapa Luasnya Kini?

“Blanko KTP seluruh Indonesia termasuk di Tangsel mulai langka karena kewenangan Kemendagri pengadaannya,” terang Dedi Budiawan kepada Harian Massa, Senin 1 November 2021.

Baca Juga: 43 Kasus Covid-19 Ditemukan di Tangsel saat PTM, Sekolah Diliburkan

Dengan begitu, Dedi menjelaskan bagi warga yang memiliki KTP rusak atau hilang akan diberikan surat biodata. Surat tersebut, kata Dedi, untuk penguat sebagai tanda telah memiliki KTP.

“Jadi sementara blanko belum tersedia maka bagi KTP yang rusak dan hilang kita akan diberikan surat biodata. Bukan sebagai pengganti KTP, tapi lebih ke penguat jika yang bersangkutan sudah ada KTP tapi rusak tidak terbaca atau fisik KTP gak ada karena hilang,” jelas Dedi Budiawan.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X