• Kamis, 18 Agustus 2022

Hutan Mangrove Indonesia Dipuji Dunia, Berapa Luasnya Kini?

- Senin, 1 November 2021 | 14:59 WIB
Hutan mangrove. Foto: Istimewa/Twitter
Hutan mangrove. Foto: Istimewa/Twitter

 

HARIAN MASSA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat pujian dari Pangeran Charles di hadapan seluruh pemimpin negara anggota G20.

Jokowi dipuji karena keberhasilannya menyelamatkan alam Indonesia dan memberikan dampak besar dari perubahan iklim.

Menurut Pangeran Charles, Indonesia memiliki peran viral sebagai paru-paru dunia, hutan mangrove dan hutan tropisnya yang sangat besar. 

Baca juga: Pangeran Charles Puji Presiden Jokowi di Hadapan Seluruh Pemimpin Negara G20 karena Selamatkan Alam Indonesia

Tetapi tahukah anda, berdasarkan data tahun 2019 lalu, bahwa hutan mangrove di Indonesia mampu menyimpan 3,14 Miliar ton karbon. 

Dikutip dari Archivelago-Indonesia Marine Library @PERPUSKKP, 3,14 Miliar itu sama setara dengan 1/3 simpanan karbon dunia. 

"Sayangnya menurut data @KementerianLHK, luasan tutupan mangrove Indonesia terus merosot dan saat ini hanya seluas 3,556 jt ha," cuitnya, seperti dikutip Harian Massa, Senin (1/11/2021). 

Baca juga: Ketika Sri Sultan Hamengkubuwono IX Pakai Kas Keraton Bayar Gaji Presiden

Namun, pemerintah terus berupaya melakukan rehabilitasi terhadap hutan mangrove yang ada. Dapat terbaru bahkan menyebut, Jokowi telah merehabilitas hutan mangrove seluas 34.000 hektare.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X