• Jumat, 19 Agustus 2022

Mengenang Wiji Thukul, Jaker dan Barikade 98 Nobar Film Dokumenter Nyanyian Akar Rumput 

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 18:06 WIB
Nobar film dokumenter nyanyian akar rumput. (Foto: Don Oslo/Harian Massa.)
Nobar film dokumenter nyanyian akar rumput. (Foto: Don Oslo/Harian Massa.)

HARIAN MASSA – Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat (Jaker) bekerjasama dengan Barikade 98 mengadakan nonton bareng (nobar, red) film dokumenter berjudul Nyanyian Akar Rumput. Film ini bercerita tentang keluarga Wiji Thukul, setelah ditinggal akibat dihilangkan oleh rezim Orde Baru tahun 1998 silam.

Seperti diketahui, pemutaran film Nyanyian Akar Rumput itu pun disertai dengan sebuah diskusi mengangkat tema Mencari Jejak Wiji Thukul, yang digelar di Sekretariat DPN Barikede 98, Jalan Cimandiri No, 7, Jakarta.

Menariknya, dalam diskusi tersebut diisi oleh beberapa narasumber diantaranya, Mangapul Silalahi (Pengurus DPN Barikade 98), Fenita Budiman (Jaringan Nakes Indonesia), Dewi Nova (Penyair), Yuda Kuriawan (Sutradara film Nyanyian Akar Rumput).

Baca Juga: Andika Pratama Hilang dari Acara Lapor Pak?

Baca Juga: Viral Mobil Dinas Plat AD Halangi Laju Ambulance, Gibran Rakabuming Raka Tegaskan Plat AD Tak Hanya Solo 

Selain itu terdapat narasumber lain seperti Tri Okta Sulfa Kimiawan (Ketua Jaker), Jane Rosalina (Kontras) dan dipandu oleh moderator Ernawati (Suluh Perempuan). Acara itu pun juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi dari dua penyair Nasional, yaitu Harris Priadie Bah dan Marlin Dinamikanto.

Menurut Sutradara film Nyanyian Akar Rumput, Yuda Kurniawan menjelaskan, pembuatan film Nyanyian Akar Rumput digarap untuk merawat ingatan generasi muda atas kasus penghilangan paksa Wiji Thukul.

Baca Juga: Curhat Sheila Marcia ke Deddy Corbuzier, Menikmati Gaji Suaminya Rp 2 Juta saat Pandemi

Baca Juga: Mempererat Hubungan Indonesia-Turki, Jokowi Sebut Erdogan Akan Kunjungi Indonesia Tahun Depan 

Film ini, kata Yuda, disajikan dengan gaya lebih popular dan menjadi salah satu media yang relevan untuk menyampaikan informasi kepada generasi muda.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X