• Kamis, 18 Agustus 2022

Apakah Morfin Bikin Kecanduan? Begini Penjelasan Ahli Kesehatan 

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:45 WIB
Ilustrasi. (Foto: Pixabay.)
Ilustrasi. (Foto: Pixabay.)

HARIAN MASSAMorfin ternyata dipakai untuk pasien dikalangan kesehatan, terutama bagi pasien yang mengalami penyakit kanker. Namun, apakah Morfin akan membuat kecanduan, begini penjelasan ahli kesehatan.

Seperti dikutip Harian Massa, dari akun twitter milik Zubairi Djoerban, @ProfesorZubairi menjelaskan terkait Morfin apakah menyebabkan kecanduan?

Menurut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu menjelaskan, bahwa Morfin digunakan untuk nyeri yang hebat.

Baca Juga: Prihatin Dengan Kakek Dipukuli Massa di Majalengka, Putri Sulung Gus Dur Pengen Cari Korban

Dalam akunnya, Profesor Zubairi menuliskan ada pasien kanker payudara yang kankernya telah menyebar hingga ke tulang. Dia sudah stadium lanjut dan mengaku menderita dengan rasa sakitnya.

Oleh dokter, dia disarankan menggunakan morfin. Apakah pemberian morfin akan menyebabkan pasien itu kecanduan? Berikut pendapat Profesor Zubairi.

“Penggunaan morfin oral (bukan suntikan) untuk nyeri yang hebat memang sering kali dihindari. Khawatirnya, pasien justru akan kecanduan dan kesadarannya menjadi tidak penuh, atawa kesadaran berkabut,” tulisnya seperti dikutip Harian Massa, Kamis 28 Oktober 2021.

Baca Juga: Istri Sedang Hamil 8 Bulan, Remaja di Tangerang Terpergok Curi Motor dan Jadi Bulan-bulanan Warga

“Namun, pemberian dosis morfin yang tepat dapat membantu pasien mengontrol rasa nyeri itu. Sehingga pasien tetap beraktivitas tanpa terlalu terganggu. Betul, kemungkinan adiksi itu ada. Tapi sangatlah jarang," tuturnya.

Baca Juga: Peringatan HUT ke-2 Partai Gelora di Kota Tangerang, Pengurus Pusat dan Daerah Kompak Berkolaborasi

Halaman:

Editor: Don Oslo

Sumber: @ProfesorZubairi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X