• Senin, 15 Agustus 2022

Rumah Peninggalan Pahlawan Jendral Gatot Subroto Jadi Museum Pribadi

- Senin, 11 Oktober 2021 | 11:30 WIB
Rumah peninggalan Jendral Gatot Soebroto. (Foto: jatengprov.go.id)
Rumah peninggalan Jendral Gatot Soebroto. (Foto: jatengprov.go.id)

HARIAN MASSA – Rumah pribadi salah satu tokoh pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di kawasan Brigjen Soediarto dirubah menjadi museum pribadi. Kedepannya, akan dibuka untuk umum.

Menurut cucu dari Jenderal Gatot Subroto, Lawrence Locsin Sardjono mengatakan, banyak sekali penibggalan almarhum seperti puluhan pakaian dinas, ada topi dan tongkat komando. Ada pun koleksi pipa cangklong, pisau berburu dan kacamata.

Di acara pengesahan museum, Lawrence Locsin Sardjono menyampaikan, museum pribadi yang terletak di dekat Benteng Willem II itu menyimpan berbagai barang pribadi kakeknya.

Baca Juga: Gegara Buang Pembalut Sembarangan, 11 Pegawai Pabrik di Cikokol Kesurupan Massal

“Ada empat pipa cangklong yang menjadi koleksi museum ini. Satu di antaranya, dalam kondisi rusak,” katanya pada peresmian museum tersebut, Minggu 10 Oktober kemarin, seperti dikutip Harian Massa melalui situs resmi laman jatengprov.go.id, Senin 11 Oktober 2021.

Baca Juga: Abubakar Assegaf Menjawab Kenapa Maulid Nabi SAW Harus Berdiri Sambil Bersalawat dan Menabuh Rebana

Meski museum pribadi, Lawrence mempersilahkan warga untuk berkunjunh dan melihat langsung koleksi pribadi kakeknya, Tak menutup kemungkinan akan dijadikan museum terbuka atau bangunan cagar budaya.

Selain koleksi itu, terdapat juga koleksi dua tempat tidur pribadi yang terawat baik. Tampak ada pul beberapa bagian dinding rumah terpampang puluhan foto pria kelahiran Banyumas itu semasa berdinas sebagai tentara.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Minta Maaf Sebar Hoax Jalan Tol, Netizen: Pejabat Mah Bebas

Cucu lainnya, Indriani Sunarjo menyampaikan, adanya museum tersebut diharapkan dapat menjadi sarana penting mengenang perjuangan Wakasad periode 1956-1962.

“Nilai-nilai perjuangan yang dilakukan kakek kami semoga dapat memberi manfaat bagi generasi muda,” ujarnya.

Baca Juga: Dikejar Satpol PP, Seorang Ibu Jadi Tukang Cuci Piring Dadakan

Diketahui oleh  Staf Ahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen Rimbo Karyono menghargai langkah keluarga besar Jenderal Gatot Subroto, yang menghadirkan museum ini.

“Saya berharap, melalui museum ini dapat memacu semangat kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pendahulu,” tegasnya.

Editor: Don Oslo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X