• Selasa, 16 Agustus 2022

Pemerintah Terapkan Perpanjangan PPKM Jawa Bali Hingga 18 Oktober 

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:59 WIB
enteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers pada Senin (9/8) pemerintah resmi memperpanjang PPKM level di Jawa-Bali
enteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers pada Senin (9/8) pemerintah resmi memperpanjang PPKM level di Jawa-Bali

HARIAN MASSA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Berdasarkan peraturan yang ditandatangani Tito pada tanggal 4 Oktober 2021, pemerintah kembali menerapkan PPKM Jawa-Bali berlaku mulai tanggal 5 hingga 18 Oktober 2021.

Dalam PPKM kali ini, sudah tidak ada kabupaten atau kota yang menerapkan PPKM Level 4. Sekedar infkrmasi, sebanyak 107 kabupaten atau kota menerapkan PPKM Level 3, sebanyak 20 kabupaten atau kota menerapkan Level 2, serta 1 kabupaten berada di Level 1.

Baca Juga: Universitas Pancasila dan Intitut Pertanian Bogor Berkolaborasi di Bidan Pendidikan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, dalam penerapan PPKM selama dua minggu ke depan, masih terdapat 20 kabupaten atau kota yang bertahan di Level 2.

“Daerah dari Level 2 ke Level 3 itu bertambah dari 84 kabupaten atau kota menjadi 107, karena mereka belum mampu meningkatkan jumlah capaian vaksinasi,” terang Luhut Binsar Pandjaitan seperti dikutip Harian Massa dari setkab.go.id, Selasa 5 Oktober 2021.

”Untuk periode ini, wilayah Kota Blitar di Jawa-Timur">Jawa Timur (Jatim) mengalami perbaikan dari Level 3 ke level 1, dan menjadi satu-satunya daerah di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM Level 1,” ujarnya.

Baca Juga: Nyeri Sendi Mengganggu Anda, Begini Kata Ahlinya

Wilayah Level 3 ke Level 2 terdapap sebanyak 10 kabupaten atau kota, yaitu Kota Cirebon dan Kota Banjar di Jawa-Barat">Jawa Barat (Jabar). Untuk wilayah Jawa-Tengah">Jawa Tengah, terdapat Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Sragen, Kota Surakarta, Klaten, Karanganyar, dan Boyolali, serta Kota Madiun di Jatim.

Sedangkan wilayah daerah yang mengalami pemburukan dilakukan PPKM level 2 ke Level 3 adalah sebanyak 32 kabupaten atau kota, yaitu Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Lebak di Banten.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X