• Kamis, 18 Agustus 2022

Ilmuwan Temukan Fosil Spesies Dinosaurus Berduri dengan Pola yang Aneh

- Minggu, 26 September 2021 | 13:05 WIB
Ilustrasi Dinosaurus dengan duri tulang yang ditemukan ilmuwan.  (Foto. Sydney Mohr)
Ilustrasi Dinosaurus dengan duri tulang yang ditemukan ilmuwan. (Foto. Sydney Mohr)

 

HARIAN MASSA - Para ilmuwan telah menemukan spesies baru dinosaurus yang memiliki duri tulang dengan pola yang aneh. Selain itu, duri tersebut juga menyatu dengan tulang rusuk dan tidak tumbuh keluar dari kulit
 
Dilansir Harian Massa dari laman Independent, spesies baru yang telah dinamakan Spicomellus afer tersebut, adalah yang tertua dari kelompok dinosaurus ankylosaur, atau dinosaurus yang memiliki pelindung di punggungnya. 
 
Berdasarkan hasil studi yang dilakukan para penelitia yang juga telah diterbitkan dalam jurnal Nature Ecology and Evolution, dinosaurus tersebut diperkirakan hidup 160 juta tahun yang lalu. 
 
 
“Spesimen terdiri dari tulang rusuk dengan pelindung kulit berduri yang menyatu ke permukaan punggungnya, morfologi yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara vertebrata yang punah dan masih ada,” tulis para ilmuwan dalam penelitian tersebut seperti dikutip Harian Massa, Minggu 26 September 2021.
 
 
Selama bertahun-tahun, beberapa dinosaurus dengan pelindung di punggungnya telah ditemukan. Beberapa termasuk jenis di mana lempeng tulang tertanam di kulit mereka, sedangkan jenis yang lainnya, duri tulang telah menyatu dengan tulang rusuk

Editor: Don Oslo

Sumber: Independent

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X