• Jumat, 19 Agustus 2022

Penguatan Ekosistem Pendidikan, Nadiem Makarim: Vokasi Akan Menguatkan Indonesia

- Sabtu, 18 September 2021 | 17:08 WIB
Nadiem Makarim. (Foto: tangkapan layat zoom. Don Oslo/Harian Massa.)
Nadiem Makarim. (Foto: tangkapan layat zoom. Don Oslo/Harian Massa.)

HARIAN MASSA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, pendidikan vokasi akan meningkatkan Indonesia. Pasalnya, vokasi dinilai sebagai salah satu penguatan ekosistem pendidikan.

Hal tersebut disampaikan, Nadiem Makarim saat memberikan pidato sambutan melalui online, dalam peresmian Kampus Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) di Gading Serpong, Tangerang, Sabtu 18 September 2021.

Terdapat tiga program studi di MNP. Tiga program itu untuk menitikberatkan pada pendayagunaan ICT sebagai kompetensi unggulan yang terdiri dari kombinasi tiga literasi utama, yakni literasi digital, manusia, dan data.

Baca Juga: Bobol Warung Sembako, 2 Garong di Larangan Tangerang Jarah Ratusan Bungkus Rokok

Dalam kesempatan itu, Nadiem menyatakan bahwa inisiatif Yayasan Multi Media Nusantara untuk mendirikan Multimedia Nusantara Politechnic merupakan harapan baru dalam meningkatkan mutu pembelajaran vokasi di bidang industri kreatif.

“Ketiga prodi yang ditawarkan MNP merupakan bidang-bidang yang sangat dibutuhkan untuk penguatan ekosistem pendidikan. Vokasi kuat akan menguatkan Indonesia,” ujar Nadiem Makarim.

Baca Juga: Jaga Laut Natuna Utara, TNI AL kerahkan 5 KRI dan 1 Pesawat

Berdirinya MNP, sebut Nadiem, akan menjadi jawaban terhadap kebutuhan akan pelaku industri kreatif yang memiliki kompetensi manajerial dan kemampuan berinovasi.

Seperti diketahui, pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Hal itu meliputi program pendidikan Diploma yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1.

Baca Juga: Taliban Hapus Kementerian Urusan Perempuan, Para Pekerjanya Demo

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X