• Selasa, 9 Agustus 2022

Dalam Al-Qur'an Miras Tidak Secara Tegas Diharamkan, Ini Penjelasan Ulama NU

- Jumat, 10 September 2021 | 20:33 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa.)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa.)

HARIAN MASSA - Ayat tentang Minuman Keras (Miras) di dalam kitab suci Al-Qur'an masih membutuhkan penafsiran lebih lanjut. Pasalnya, pengharaman Miras tidak dikatakan secara tegas di dalamnya.

Seperti diketahui, ayat tentang minuman keras sudah tercantum pada surat Al-maidah ayat 90 yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar (miras), berjudi, (berkorban untukuntu berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan”.

Menyikapi ayat tersebut, Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lapkesdam) PWNU Provinsi Banten Abdul Qodir mengatakan, jangan menelan mentah-mentah ayat tersebut.

Baca Juga: Remaja Tembak Kepala di Cipondoh Tangerang, Polisi Temukan Senjata Api Jenis Glock 43

Menurut Abdul Qodir, sikap Ulama terhadap Khamar atau miras yang mengandung alkohol secara syariat sudah jelas diharamkan.

"Secara syariat atau hukum sudah jelas NU mengharamkan karena itu lebih banyak mudaratnya, dan menghilangkan akal, terlebih kalau sekarang kan ada yang di oplos menggunakan zat yang berbahaya," terang Abdul Qodir kepada Harian Massa, di kawasan Ciputat, Tangsel, Kamis (9/9/2021) kemarin.

"Sudah miras (mengandung alkohol) di oplos pula menggunakan autan misalkan yang seharusnya digunakan untuk anti nyamuk, ini jelas haram," imbuhnya.

Baca Juga: Hanya Memakai Pakaian Dalam, Pria Ini Serang Jamaah Sholat Magrib di Masjid Nurul Ikhlas Cilegon

Dalam ayat tersebut, lanjut Abdul Qodir, terdapat makna pengharaman miras. Salah satunya makna dari Ushuluddin Fiqh yang menjelaskan bahwa setiap yang memabukkan itu khamar (miras). Dan setiap khamar itu haram.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X