• Senin, 15 Agustus 2022

PBB Peringatkan Afghanistan Akan Alami Krisis Pangan

- Jumat, 3 September 2021 | 15:05 WIB
Pasukan Taliban.  (Foto: Twitter)
Pasukan Taliban. (Foto: Twitter)

HARIAN MASSA - Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan bahwa Afghanistan akan menghadapi krisis pangan dalam satu bulan ke depan. Menyebabkan satu dari tiga orang di Afghanistan kelaparan, ketika Taliban mencoba membentuk pemerintahan baru untuk menjalankan negara.

“Situasi dari sudut pandang kemanusiaan terus menjadi sangat tegang,” ujar Ramiz Alakbarov, koordinator kemanusiaan PBB di Afghanistan pada Rabu 1 September 2021 kemarin, seperti dikutip Harian Massa dari laman Aljazeera,  pada Jum'at 3 September 2021.
 
Alakbarov juga menyatakan bahwa lebih dari separuh anak-anak di Afghanistan saat ini tengah berjuang untuk mendapatkan makanan. Di mana harga pangan rata-rata di sana telah naik 50 persen, sementara harga bahan bakar naik 75 persen dalam beberapa hari terakhir. 
 
 
Dengan sebagian besar bantuan internasional ditutup, Alakbarov mengatakan layanan pemerintah tidak dapat berfungsi dan pegawai negeri Afghanistan tidak menerima gaji mereka.
 
Taliban sendiri, belum secara resmi membentuk pemerintahan baru. Pengakuan internasional untuk mereka juga masih dipertanyakan hingga saat ini. Membuat bantuan dari pihak luar masih kesulitan untuk masuk ke Afghanistan. 

Editor: Don Oslo

Sumber: aljazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X