• Kamis, 18 Agustus 2022

Temuan Baru Tengkorak Manusia di Sulawesi Tantang Teori Para Ilmuwan Tentang Manusia Purba

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 08:05 WIB
Ilustrasi, manusia purba, Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Penemuan sisa-sisa tulang diyakini pertama kalinya DNA manusia purba ditemukan di wilayah Sulawesi, Indonesia. Para arkeolog telah menganalisis DNA yang ditemukan di sisa-sisa seorang wanita yang meninggal 7.200 tahun lalu, menantang teori seputar manusia purba.

Tulang-tulang remaja yang dijuluki Besse itu ditemukan di gua Leang Panninge di Sulawesi pada tahun 2015. Hal ini diyakini sebagai pertama kalinya DNA manusia purba ditemukan di Wallacea, sekelompok pulau antara daratan Asia dan Australia.

Baca Juga: 90 Warga Afghanistan Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Bandara Kabul

Para ilmuwan sebelumnya mengira sebuah kelompok yang disebut Austronesia telah menyebarkan gen Asia Timur melalui Wallacea sekitar 3.500 tahun yang lalu. Tetapi penemuan Besse menunjukkan orang-orang dengan gen Asia Timur mungkin telah ada jauh sebelum itu.

Setelah mengekstraksi DNA dari tulang di telinga bagian dalam, para ilmuwan menemukan bahwa dia memiliki nenek moyang yang sama dengan orang Papua Nugini dan Aborigin Australia, serta spesies manusia purba yang telah punah.

Dalam temuan yang dilaporkan dalam jurnal Nature, para peneliti menduga mungkin milik orang Toalean, yang diperkirakan tinggal di Sulawesi pada saat itu.

"Toaleans adalah pemburu-pengumpul awal yang hidup terpencil di hutan Sulawesi Selatan dari sekitar 8.000 tahun yang lalu sampai 1.500 tahun yang lalu, berburu babi hutan dan mengumpulkan kerang yang dapat dimakan dari sungai," kata Profesor Adam Brumm, dari Griffith University seperti melansir SkyNews, Sabtu (28/8/2021).