• Kamis, 11 Agustus 2022

Salah Tuduh, Seorang Aktivis di Aljazair Dibunuh dan Dibakar

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 00:05 WIB
Ilustrasi, kebakaran hutan. Foto: Pixabay
Ilustrasi, kebakaran hutan. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Seorang aktivis di Aljazair, Djamel Ben Ismai (38 tahun) dibunuh dan dibakar hidup-hidup oleh kerumunan orang pada hari Rabu lalu (11/8/2021) setelah dicurigai melakukan pembakaran. Padahal dia datang untuk membantu memadamkan kobaran api.

Kejadiannya berawal ketika Ben Ismael bertolak ke Tizi Ouzou dari Miliana yang jaraknya 150 km. Aktivis berusia itu sejatinya hendak membantu memadamkan api dan mengevakuasi warga yang terdampak kebakaran. Namun di tengah jalan, sekelompok massa tiba-tiba menangkap Ben Ismael dan menuduhnya sebagai pelaku pembakaran hutan.

Baca Juga: Kapal Tenggelam, Pengungsi Rohingya Hilang

Dalam video yang viral di Aljazair, nampak Ben Ismael ditarik dari mobil polisi sebelum disiksa dan dibakar hidup-hidup.

Pembakaran aktivis itu bebuntut panjang, pihak berwenang Aljazair telah menahan 36 orang setelah membunuh dan membakar seorang pria yang dituduh memicu kebakaran hutan.

Baca Juga: Delapan Orang Hilang Setelah Helikopter Jatuh ke Danau Vulkanik

"Mereka yang di antara mereka yang ditangkap adalah tiga wanita dan seorang pria yang menikam tubuh korban sebelum dibakar," kata Pejabat polisi yudisial, Mohamed Chagor, Senin.

Foto dan rekaman insiden itu diposting online, yang digunakan pihak berwenang untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka.

Ben Ismail dimakamkan keesokan harinya di kampung halamannya di Khemis Miliana, di sebelah barat ibu kota Kabyle, Tizi-Ouzou. Sebagian besar kebakaran hutan 'tidak lagi menimbulkan bahaya bagi penduduk," kata pejabat Perlindungan Sipil Kolonel Farouk Achour, seperti dilansir Sky News.

Sebelumnya, kebakaran dimulai Senin lalu dan telah melanda wilayah pegunungan Kabyle, menewaskan sedikitnya 47 penduduk dan 28 tentara. Kebakaran juga menghabiskan lahan kebun zaitun dan juga ternak. Tizi Ouzou juga merupakan salah satu kota yang paling terdampak kebakaran hutan negara di kawasan Asia Utara tersebut.

Halaman:

Editor: Rabbani

Sumber: Sky News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Australia Waspada Banjir

Sabtu, 13 November 2021 | 13:25 WIB

Nasa Potret Hutan Gundul Papua

Sabtu, 13 November 2021 | 12:45 WIB

Fosil Dinosaurus Pertama Ditemukan di Greenland

Kamis, 11 November 2021 | 12:45 WIB

Australia Bakar Tiga Kapal Indonesia

Selasa, 9 November 2021 | 13:24 WIB

5 Negara Termuda di Dunia

Selasa, 9 November 2021 | 12:45 WIB

Pekerja Kokain di Kolombia Pamer Video di Tiktok

Selasa, 9 November 2021 | 10:55 WIB

Ledakan Besar Matahari Buat Aurora Semakin Bercahaya

Kamis, 4 November 2021 | 11:45 WIB

NASA Tunda Peluncuran SpaceX

Kamis, 4 November 2021 | 10:27 WIB
X