• Sabtu, 13 Agustus 2022

Pasukan AS Ditarik dari Afghanistan, Taliban Mulai Dirangkul China

- Kamis, 29 Juli 2021 | 00:04 WIB
Taliban melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi guna membahas perdamaian di Afghanistan. (Jnews.com.au)
Taliban melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi guna membahas perdamaian di Afghanistan. (Jnews.com.au)

HARIAN MASSA - Menyusul dimulainya penarikan pasukan Amerika Serikat, Taliban melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi guna membahas perdamaian di Afghanistan.

Perwakilan Taliban melakukan perjalanan ke Kota Tianjin di China utara untuk bertemu dengan para pejabat China guna membahas masalah politik, ekonomi dan keamanan.

Delegasi Taliban dipimpin oleh perunding dan wakil pemimpin Taliban, Mullah Baradar Akhund. Sedangkan pihak tuan rumah diwakili Wang Yi, wakil menteri luar negeri, dan utusan khusus China untuk Afghanistan.

"China berjanji untuk terus memperluas kerja samanya dengan rakyat Afghanistan, mengatakan bahwa mereka tidak akan ikut campur dalam urusan Afghanistan, tetapi akan membantu memecahkan masalah dan membangun perdamaian," kicau juru bicara politik delegasi, Mohammed Naeem lewat akun Twitternya, seperti dikutip RT, Rabu (28/7).

Pertemuan antara China dan Taliban terjadi setelah meningkatnya gejolak di Afghanistan pasca penarikan pasukan AS, yang akan sepenuhnya meninggalkan Afghanistan pada September mendatang.

Ketika pasukan AS mulai meninggalkan Afghanistan, Taliban begitu cepat bangkit kembali dengan gerakan dan organisasi militernya. Taliban pun mampu menguasai lebih banyak kota.

Sementrara itu, pada pekan lalu, China menunjuk utusan khusus Afghanistan mereka yang baru. Langkah tersebut, menurut beberapa pakar politik, berarti bahwa Beijing ingin memainkan peran yang lebih besar di negara tersebut.

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Australia Waspada Banjir

Sabtu, 13 November 2021 | 13:25 WIB

Nasa Potret Hutan Gundul Papua

Sabtu, 13 November 2021 | 12:45 WIB

Fosil Dinosaurus Pertama Ditemukan di Greenland

Kamis, 11 November 2021 | 12:45 WIB

Australia Bakar Tiga Kapal Indonesia

Selasa, 9 November 2021 | 13:24 WIB

5 Negara Termuda di Dunia

Selasa, 9 November 2021 | 12:45 WIB

Pekerja Kokain di Kolombia Pamer Video di Tiktok

Selasa, 9 November 2021 | 10:55 WIB

Ledakan Besar Matahari Buat Aurora Semakin Bercahaya

Kamis, 4 November 2021 | 11:45 WIB

NASA Tunda Peluncuran SpaceX

Kamis, 4 November 2021 | 10:27 WIB
X