Nasa Potret Hutan Gundul Papua

- Sabtu, 13 November 2021 | 12:45 WIB
Ilustrasi hutan papua mulai gundul. Foto: Pixabay
Ilustrasi hutan papua mulai gundul. Foto: Pixabay

HARIANMASSA - Dalam 18 tahun terakhir kawasan hutan Papua mengalami defortasi hingga 750 ribu hektar. Perbandingan ini nampaknya diabadikan oleh foto satelit NASA yang diambil pada 2001 dan 2019.

Peneliti penginderaan jauh NASA David Gaveau dalam analisisnya menjabarkan 28 persen hutan yang hilang digunakan untuk tanaman industri seperti sawit, 23 persen untuk sistem pertanian ladang berpindah, 16 persen karena tebang pilih, 11 persen untuk perluasan sungai dan danau, 5 persen karena kebakaran, dan 2 persen untuk pertambangan.

Baca Juga: Hutan Mangrove Indonesia Dipuji Dunia, Berapa Luasnya Kini?

Dilansir dari situs NASA, hutan hujan Indonesia disebut sebagai tempat bagi 10 persen tanaman yang dikenal di dunia. Lalu Indonesia juga menjadi tempat bagi 12 persen spesies mamalia dan 17 persen spesies burung.

Kekayaan hayati tersebut tersebar di 18 ribu pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Bentangan wilayah tersebut cukup besar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan hutan hujan terbesar ketiga setelah Amazon dan cekungan Kongo.

Baca Juga: Geliat Buruh Tani Menanam 'Harap' di Hutan Beton Jakarta

Deforestasi yang terjadi di Papua selama dua dekade ke belakang akan mengancam keberagaman hayati di kawasan tersebut jika terus dibiarkan.

 

Editor: Rabbani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Turki dan Angan-angan Kosong HAARP

Rabu, 8 Februari 2023 | 15:11 WIB

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Jumat, 9 September 2022 | 05:17 WIB

Liz Truss Resmi Jadi Perdana Menteri Baru Inggris

Jumat, 9 September 2022 | 04:41 WIB
X