• Selasa, 28 Juni 2022

Bukan Hanya Manusia, Lebah Ternyata Juga Lakukan Social Distancing

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 18:10 WIB
Lebah. (Foto: Pixabay.)
Lebah. (Foto: Pixabay.)

HARIAN MASSA – Selama pandemi Covid-19 merebak, istilah social distancing atau jaga jarak menjadi akrab di telinga manusia. Tapi ternyata, manusia bukan satu-satunya yang melakukan sosial distancing, penelitian menunjukkan bahwa lebah madu juga melakukannya.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa ketika sarang lebah madu berada di bawah ancaman dari tungau jenis Varroa destructor, atau parasit yang biasa menghancurkan koloni lebah madu, para lebah merespons dengan mengubah cara mereka berinteraksi satu sama lain.
 
“Saya pikir sangat menarik melihat hewan lain melakukan hal serupa,” kata Dr Alessandro Cini, salah satu tim peneliti dari University College London, dilansir Harian Massa dari laman The Guardian pada Minggu, 31 Oktober 2021. 
 
 
 
Cini dan rekan penelitinya menjelaskan, mereka pertama kali melihat sarang lebah di Sardinia, Italia, dan membandingkan perilaku lebah di sarang yang secara alami terinfeksi tungau, dengan lebah yang berada di sarang yang sehat.
 
Dengan memeriksa video yang direkam di dalam sarang, tim peneliti menemukan bahwa ketika sarang dipenuhi tungau, lebah yang bertugas mencari makan akan melakukan sejenis tarian untuk menunjukkan arah sumber makanan. Seperti tarian goyangan, jauh dari pusat koloni tempat lebah muda, ratu, dan sel induk ditemukan.
 
 
 
Hal tersebut, disebut Cini, dapat menjaga infeksi pada tingkat yang dapat dikendalikan, membatasi jumlah kerusakan. 
 
Lebah pengumpul makanan merupakan salah satu jalur masuk utama tungau. Jadi semakin mereka menjauh dari induk dan individu muda, semakin baik dalam hal mencegah penyebaran tungau di dalam koloni," kata Cini. 
 
 
 
Lebih lanjut, Cini mengatakan penelitian itu menunjukkan kekuatan seleksi alam dalam evolusi perilaku sosial makhluk hidup . “Dan juga perubahan dinamis dalam perilaku sosial untuk beradaptasi dengan lingkungan yang selalu berubah,” pungkasnya

Editor: Don Oslo

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Australia Waspada Banjir

Sabtu, 13 November 2021 | 13:25 WIB

Nasa Potret Hutan Gundul Papua

Sabtu, 13 November 2021 | 12:45 WIB

Fosil Dinosaurus Pertama Ditemukan di Greenland

Kamis, 11 November 2021 | 12:45 WIB

Australia Bakar Tiga Kapal Indonesia

Selasa, 9 November 2021 | 13:24 WIB

5 Negara Termuda di Dunia

Selasa, 9 November 2021 | 12:45 WIB

Pekerja Kokain di Kolombia Pamer Video di Tiktok

Selasa, 9 November 2021 | 10:55 WIB

Ledakan Besar Matahari Buat Aurora Semakin Bercahaya

Kamis, 4 November 2021 | 11:45 WIB

NASA Tunda Peluncuran SpaceX

Kamis, 4 November 2021 | 10:27 WIB
X