• Kamis, 11 Agustus 2022

Segini Air Minum yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari

- Minggu, 26 September 2021 | 08:45 WIB
Ilustrasi, air minum. Foto: Pixabay
Ilustrasi, air minum. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Manfaat konsumsi air minum tampaknya tidak ada habisnya, mulai dari peningkatan memori dan kesehatan mental hingga peningkatan energi hingga kulit yang lebih baik. Kelly Anne Hyndman, seorang peneliti fungsi ginjal di University of Alabama di Birmingham, mengatakan tetap terhidrasi jelas penting. Tetapi gagasan bahwa tindakan sederhana minum lebih banyak air akan membuat orang lebih sehat tidak benar. Juga tidak benar bahwa kebanyakan orang mengalami dehidrasi kronis atau bahwa kita harus minum air sepanjang hari.

Dari sudut pandang medis, Dr Topf menambahkan, ukuran terpenting dari hidrasi adalah keseimbangan antara elektrolit seperti natrium dan air dalam tubuh. Dan tidak perlu menenggak gelas demi gelas air sepanjang hari untuk mempertahankannya.

Baca Juga: Jejak Kaki Manusia Tertua di Amerika Utara Ungkap Kehidupan Sebelum Zaman Es

Berapa Banyak Air yang Perlu Diminum?

Melansir, Channel News Asia, kita semua telah diajari bahwa delapan gelas per hari adalah angka ajaib untuk semua orang, tetapi anggapan itu hanyalah mitos, kata Tamara Hew-Butler, seorang ilmuwan olahraga dan olahraga di Wayne State University.

Faktor unik seperti ukuran tubuh, suhu di luar ruangan, dan seberapa keras berkeringat akan menentukan seberapa banyak yang dibutuhkan. Seseorang dengan berat 200 pon yang baru saja mendaki 10 mil dalam cuaca panas jelas perlu minum lebih banyak air daripada manajer kantor seberat 120 pon yang menghabiskan hari di gedung yang dikontrol suhunya.

Jumlah air yang butuhkan dalam sehari juga akan tergantung pada kesehatan. Seseorang dengan kondisi medis seperti gagal jantung atau batu ginjal mungkin memerlukan jumlah yang berbeda dari seseorang yang menggunakan obat diuretik, misalnya. Atau mungkin perlu mengubah asupan jika sakit, dengan muntah atau diare.

Baca Juga: Catat Rekor Kasus Covid-19 Harian, Korea Selatan Berencana Hidup dengan Virus

Bagi kebanyakan orang muda dan sehat, cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum saat haus, kata Dr Topf. (Mereka yang lebih tua, di usia 70-an dan 80-an, mungkin perlu lebih memperhatikan untuk mendapatkan cairan yang cukup karena sensasi haus dapat berkurang seiring bertambahnya usia)

Dan terlepas dari kepercayaan populer, jangan mengandalkan warna urin untuk secara akurat menunjukkan status hidrasi , kata Dr Hew-Butler. Ya, mungkin saja urin berwarna kuning tua atau kuning kecokelatan bisa berarti Anda mengalami dehidrasi, tetapi tidak ada ilmu pengetahuan yang kuat yang menunjukkan bahwa warnanya saja yang harus diminum.

Halaman:

Editor: Rabbani

Sumber: Channel News Asia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Australia Waspada Banjir

Sabtu, 13 November 2021 | 13:25 WIB

Nasa Potret Hutan Gundul Papua

Sabtu, 13 November 2021 | 12:45 WIB

Fosil Dinosaurus Pertama Ditemukan di Greenland

Kamis, 11 November 2021 | 12:45 WIB

Australia Bakar Tiga Kapal Indonesia

Selasa, 9 November 2021 | 13:24 WIB

5 Negara Termuda di Dunia

Selasa, 9 November 2021 | 12:45 WIB

Pekerja Kokain di Kolombia Pamer Video di Tiktok

Selasa, 9 November 2021 | 10:55 WIB

Ledakan Besar Matahari Buat Aurora Semakin Bercahaya

Kamis, 4 November 2021 | 11:45 WIB

NASA Tunda Peluncuran SpaceX

Kamis, 4 November 2021 | 10:27 WIB
X