• Kamis, 11 Agustus 2022

Fosil Penguin Raksasa Ditemukan Anak-anak Sekolah di Selandia Baru

- Sabtu, 18 September 2021 | 22:20 WIB
Ilustrasi Pinguin. (Foto: pixabay.)
Ilustrasi Pinguin. (Foto: pixabay.)

 

HARIAN MASSA - Kumpulan anak-anak sekolahan di Selandia Baru (New Zealand) menemukan fosil pinguin purba dengan tingga 1,4 meter yang diperkirakan berusia antara 27,3 dan 34,6 juta tahun di Distrik Waikato
 
Dilansir Harian Massa dari laman Independent pada 17 September, tim peneliti dari Massey University menyatakan bahwa diketahuinya tinggi penguin tersebut, didapat dengan menganalisis tulang yang ada, kemudian tim membuat replika kerangkanya. 
 
Sebagai perbandingan, spesies penguin tertinggi yang hidup saat ini, adalah penguin kaisar yang ingginya mencapai 1,2 meter.
 
 
Dr Daniel Thomas, dosen senior Zoologi dari Massey's School of Natural and Computational Sciences, mengatakan fosil itu berasal dari masa ketika sebagian besar Waikato berada di bawah air.
 
Thomas menyebut, penguin bahwa tersebut memiliki catatan fosil yang hampir mencapai usia dinosaurus, dan menjadikannya fosil penguin paling kuno yang telah ditemukan di Selandia Baru.
 
 
“Penguin ini mirip dengan penguin raksasa kairuku yang pertama kali ditemukan di daerah Otago, tetapi memiliki kaki yang lebih panjang, yang akhirnya oleh para peneliti digunakan untuk menamai penguin tersebut sebagai waewaeroa Te reo Māori yang artinya kaki panjang," kata Thomas, seperti dilansir Harian Massa, Sabtu 18 September 2021.
 
“Kaki yang lebih panjang ini akan membuat penguin jauh lebih tinggi daripada kairuku lainnya saat berjalan di darat, mungkin sekitar 1,4 meter, dan mungkin memengaruhi seberapa cepat ia bisa berenang atau seberapa dalam ia bisa menyelam,” katanya.
 
 
Sementara itu, Mike Safey, Presiden Hamilton Junior Naturalist Club, yang mengorganisir aktivitas arkeolog anak-anak, mengatakan bahwa itu adalah sesuatu yang akan diingat oleh anak-anak yang terlibat dalam penemuan fosil tersebut.
 
“Merupakan hak istimewa yang langka bagi anak-anak di kelompok kami untuk memiliki kesempatan menemukan dan menyelamatkan fosil penguin yang sangat besar ini. Kami selalu mendorong kaum muda untuk mengeksplorasi dan menikmati alam bebas. Ada banyak hal keren di luar sana yang menunggu untuk ditemukan.” ujar Safey. 

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Australia Waspada Banjir

Sabtu, 13 November 2021 | 13:25 WIB

Nasa Potret Hutan Gundul Papua

Sabtu, 13 November 2021 | 12:45 WIB

Fosil Dinosaurus Pertama Ditemukan di Greenland

Kamis, 11 November 2021 | 12:45 WIB

Australia Bakar Tiga Kapal Indonesia

Selasa, 9 November 2021 | 13:24 WIB

5 Negara Termuda di Dunia

Selasa, 9 November 2021 | 12:45 WIB

Pekerja Kokain di Kolombia Pamer Video di Tiktok

Selasa, 9 November 2021 | 10:55 WIB

Ledakan Besar Matahari Buat Aurora Semakin Bercahaya

Kamis, 4 November 2021 | 11:45 WIB

NASA Tunda Peluncuran SpaceX

Kamis, 4 November 2021 | 10:27 WIB
X