• Kamis, 11 Agustus 2022

Ilmuan Temukan Fosil Mirip Naga Terbang di Chile

- Selasa, 14 September 2021 | 08:56 WIB
Ilustrasi naga. (Foto: pixabay.)

HARIAN MASSA - Para ilmuwan dilaporkan menemukan fosil dinosaurus terbang seperti seekor naga yang diketahui telah menjelajahi langit belahan bumi utara, dan menginjakkan kaki di Chile.

Dinosaurus itu termasuk dalam kelompok pterosaurus awal yang menjelajahi bumi 160 juta tahun yang lalu. Fosil yang disebut naga terbang ini telah ditemukan di Gurun Atacama Amerika Selatan.

Ini adalah bukti pertama dari reptil era Jurassic yang memiliki ekor panjang, sayap dan tajam, gigi menunjuk ke luar.

Fosil ini ditemukan oleh Osvaldo Rojas, direktur Museum Sejarah dan Budaya Nasional Gurun Atacama, di kota Cerritos Bayos.

Berdasarkan analisis para peneliti di University of Chile, hewan itu adalah bagian dari subfamili Rhamphorhynchinae, dan menjadi yang pertama ditemukan di belahan bumi selatan.

Jhonatan Alarcon, yang memimpin studi tersebut, mengatakan penemuan dari kelompok hewan ini biasanya ditemukan di Eropa. Sehingga, penemuann ini menunjukkan bahwa daya jelalah hewan ini lebih luas dari perkiraan.

Seperti dikutip Harian Massa dari Independent, penemuan ini menunjukkan hubungan yang erat dan kemungkinan migrasi antara belahan utara dan selatan pada saat sebagian besar daratan selatan dunia diyakini terhubung di super benua yang disebut Gondwana.

“Ada pterosaurus dari kelompok ini juga di Kuba, yang tampaknya adalah hewan pantai, jadi kemungkinan besar mereka telah bermigrasi antara Utara dan Selatan atau mungkin mereka datang sekali dan menetap, kami tidak tahu,” ujar Mr Alarcon dari University of Chile seperti dikutip Harian Massa pada Selasa 14 Septembwr 2021.

Editor: Don Oslo