• Rabu, 10 Agustus 2022

Liput Demontrasi Perempuan di Kabul, Dua Jurnalis Dikabarkan Dipukuli Militer Taliban

- Minggu, 12 September 2021 | 18:31 WIB
Dua jurnalis yang dipukuli militer Taliban.  (Foto: twitter.)
Dua jurnalis yang dipukuli militer Taliban. (Foto: twitter.)

HARIAN MASSA - Dua jurnalis Afghanistan yang meliput protes perempuan di Kabul, dilaporkan ditangkap dan ditahan selama berjam-jam oleh pasukan keamanan Taliban. Mereka juga disebut dipukuli secara brutal hingga meninggalkan bekas luka yang cukup parah. 

Dilansir Harian Massa dari laman Independent, Taqi Daryabi dan Nemat Naqdi, jurnalis dari media yang berbasis di Kabul, Etilaat-e Roz, sedang meliput protes di ibu kota terhadap pelanggaran hak-hak perempuan oleh Taliban, ketika mereka ditahan.
 
Etilaat-e Roz melaporkan bahwa jurnalis mereka dibawa ke kantor polisi, di mana mereka ditempatkan di sel terpisah, dan dipukul dengan kabel. Kedua pria itu dibebaskan sehari kemudian dan menerima perawatan medis di rumah sakit karena cedera di punggung dan wajah mereka.
 
 
Gambar-gambar dari dua jurnalis yang menunjukkan luka-luka yang diderita, beredar luas di media sosial. Menyebabkan kekhawatiran global atas kemampuan Taliban untuk memenuhi janji mereka dalam melindungi hak asasi manusia dan kebebasan pers.
 
"Salah satu Taliban meletakkan kakinya di kepala saya, membenturkan wajah saya ke beton. Mereka menendang kepala saya. Saya pikir mereka akan membunuh saya," Naqdi, jurnalis Etilaat-e-Roz. 
 
 
Naqdi menceritakan, dia didatangi oleh seorang pejuang Taliban setelah mereka melihatnya mengambil gambar dari kameranya. Meskipun ia berhasil memberikan kamera kepada seseorang di antara kerumunan, tiga pejuang Taliban menangkapnya dan membawanya ke stasiun.
 
"Taliban mulai menghina saya, menendang saya," kata Naqdi. 
 
Ketika Naqdi menanyakan alasan pemukulannya, dia diberi tahu pihak keamanan Taliban bahwa Naqdi beruntung tidak dipenggal. 
 

Editor: Don Oslo

Sumber: Independent

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Australia Waspada Banjir

Sabtu, 13 November 2021 | 13:25 WIB

Nasa Potret Hutan Gundul Papua

Sabtu, 13 November 2021 | 12:45 WIB

Fosil Dinosaurus Pertama Ditemukan di Greenland

Kamis, 11 November 2021 | 12:45 WIB

Australia Bakar Tiga Kapal Indonesia

Selasa, 9 November 2021 | 13:24 WIB

5 Negara Termuda di Dunia

Selasa, 9 November 2021 | 12:45 WIB

Pekerja Kokain di Kolombia Pamer Video di Tiktok

Selasa, 9 November 2021 | 10:55 WIB

Ledakan Besar Matahari Buat Aurora Semakin Bercahaya

Kamis, 4 November 2021 | 11:45 WIB

NASA Tunda Peluncuran SpaceX

Kamis, 4 November 2021 | 10:27 WIB
X