• Sabtu, 28 Mei 2022

BERITA FOTO: Mural-mural Langka di Masa Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 02:15 WIB
Mural masa perjuangan. Foto: Fotocollectie Dienst vor Legercontacten Indonesie
Mural masa perjuangan. Foto: Fotocollectie Dienst vor Legercontacten Indonesie

HARIAN MASSA - Pada masa perjuangan kemerdekaan, mural pernah digunakan para pejuang dan seniman Indonesia untuk perlawanan. Media yang digunakan pun sama dengan sekarang, tembok gedung dan pagar jalanan.

Begitupun dengan isinya, tidak ada yang berubah. Hanya saja, pada saat itu mural digunakan untuk menyemangati para pejuang dan mengkritisi pemerintah kolonial Belanda. Sedangkan sekarang, kritik diarahkan ke pemerintah sendiri.

Baca juga: Mengenal Soegiarin, Jurnalis yang Memviralkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Tetapi, tidak seperti pemerintah saat ini, dulu mural tidak dianggap berbahaya meski jelas berisi propaganda. Tidak seperti saat ini, mural dianggap musuh yang harus dihapus jika berisi nada kritis dan menyinggung pemerintah.

Sejarawan JJ Rizal mengatakan, mural setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, merupakan penanda kebencian rakyat terhadap kolonialisme. Semua kebencian rakyat dituangkan dalam bentuk mural dan vandal.

"Seperti halnya laskar, maka mural setelah proklamasi kemerdekaan 17.8.45 adalah penanda bahwa rakyat benci terhadap kolonialisme apa pun bentuknya," katanya, dikutip ulang Harian Massa, Jumat (26/8/2021).

Dalam postingan baru grup komunitas Facebook Album Sejarah Indonesia, sejumlah poto mural masa perjuangan berhasil diabadikan oleh para fotografer perang. Berikut dokumentasi mural yang cukup langka tersebut:

Mural masa perjuangan. Foto: Fotocollectie Dienst vor Legercontacten Indonesie

Foto 1, berlokasi di sebuah Vila Singosari Malang yang terbakar, dengan tanggal 4 November 1947 oleh fotgrafer Bill Carmiggelt. Beberapa mural yang bertuliskan :
- "Terus Berjuang"
- "Djika Belanda Ta' Süka Di Djadjah Djangan Mendjadjah" (Dengan gambar Ratu Belanda yang diinjak oleh sepatu lars tentara Nazi, diperlihatkan lambang Swastika Nazi di sepatu lars tersebut)
- "Siap sedia"
- "Ati2 Waspada"

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X