Aminah Cendrakasih dan Artis Jebolan Tangkiwood Mangga Besar Jakarta

- Kamis, 22 Desember 2022 | 17:47 WIB
Aminah muda. Foto: Istimewa
Aminah muda. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Jika di Amerika Serikat (AS) ada Hollywood, maka di Jakarta ada Tangkiwood. Tempat ngumpul para artis ini berada di belakang Princen Park, kawasan Pecinan atau China Town Glodok, Jakarta Barat.

Bukan tanpa sebab wilayah itu sebut Tangkiwood mengikuti Hollywood di AS. Di kawasan ini banyak tinggal artis film, penyanyi, pemusik, pelawak, dermawan, dan seniman yang suka seliweran hingga kasih pertunjukan.

Sehingga, wajar saja Bing Slamet menyamakan daerah ini dengan Hollywood. "Kalau Amerika punya Hollywood, kite punya Tangkiwood," katanya, dikutip dari Alwi Shahab dalam bukunya Betawi Queen of the East.

Baca juga: Mengubur Komunisme di Indonesia dan Permintaan Maaf Gus Dur terhadap Korban G30S PKI

Di antara sederet artis dan seniman yang suka ngejogrok di tempat ini antara lain Said Effendi penyanyi dan musisi bersuara emas tahun 1950-an, Idris Sardi musisi yang gesekan biolanya belum tertandingi hingga kini.

Kemudian artis tiga zaman Wolly Sutinah atau yang lebih dikenal dengan Mak Wok dan juga anaknya yang baru saja meninggal dunia Aminah Cendrakasih. Lalu juga Fifi Young dan Tan Tjeng Bok.

Artis-artis itu dibesarkan dari kawasan Mangga Besar. Sebenarnya, masih banyak lagi artis beken Indonesia lainnya, seperti Rd Mochtar, Kartolo, Rukiah, Netty Herawaty, dan Astaman. Semuanya tumpek blek di Princen Park.

Baca juga: Sekolah Tan Malaka, Pendidikan yang Membebaskan Proletar di Indonesia

Melihat banyaknya artis yang tinggal di kawasan Mangga Besar, Kelurahan Tangki, maka tidak salah jika kawasan itu kemudian disebut sebagai Tangkiwood mengikuti gaya Hollywood di AS.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Ken Dedes dan Akhir Riwayat Tunggul Ametung

Senin, 23 Januari 2023 | 14:58 WIB

Ken Arok, Titisan Dewa Wisnu yang Menjadi Perampok

Jumat, 20 Januari 2023 | 11:23 WIB

5 Kekejaman Amangkurat I, Nomor 3 Paling Brutal

Senin, 21 November 2022 | 06:30 WIB
X