Sekolah Tan Malaka, Pendidikan yang Membebaskan Proletar di Indonesia

- Sabtu, 26 November 2022 | 07:30 WIB
Siswa Sekolah Tan Malaka. Foto: Istimewa
Siswa Sekolah Tan Malaka. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, tidak lengkap rasanya tanpa menyebut sosok Tan Malaka. Dia adalah pelopor sekaligus guru sejati proletar di Indonesia.

Seperti diulas dalam bagian satu tulisan Tan Malaka, Bapak Republik Indonesia yang Namanya Dihapus dalam Pelajaran Sekolah (1), Tan Malaka merupakan lulusan sekolah guru pribumi di Bukittinggi.

Cita-citanya adalah menjadi seorang guru dan ikut mencerdaskan masyarakatnya. Dari Bukittinggi, Tan Malaka meneruskan pendidikannya ke Belanda, dan di sana dia berhasil mendapatkan ijazah guru.

Baca juga: Bromartani Surat Kabar Pertama Berbahasa Jawa Terbit di Surakarta 1885

Selain belajar, selama di Belanda, Tan Malaka juga aktif berorganisasi. Dia juga mulai tertarik dengan sosialisme dan komunisme. Tan Malaka pertama kali mengajar sebagai guru di Maskapai Sanembah, pada 1920.

Saat itu, dia mengajar anak-anak buruh perkebunan Maskapai Sanembah. Di sana, Tan Malaka tidak hanya mengajar, tetapi juga mengorganisir buruh perkebunan. Setelah itu, dia pindah ke Semarang, Jawa Tengah.

Saat itu, Semarang merupakan pusat kegiatan Partai Komunis Indonesia (PKI). Oleh Semaun, Tan Malaka diberikan tanggung jawab untuk memimpin dan mengurus sekolah Sarekat Islam (SI) yang dibuka, pada 21 Juni 1921.

Baca juga: Tirto Adhi Soerjo dan Sejarah Awal Pers Pribumi di Hindia Belanda (1)

Pendirian sekolah ini sangat cocok dengan jiwa Tan Malaka. Sekolah ini kemudian dikembangkan menjadi sekolah proletar pertama di Indonesia yang mengajarkan dasar-dasar komunisme kepada para siswanya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Ken Dedes dan Akhir Riwayat Tunggul Ametung

Senin, 23 Januari 2023 | 14:58 WIB

Ken Arok, Titisan Dewa Wisnu yang Menjadi Perampok

Jumat, 20 Januari 2023 | 11:23 WIB

5 Kekejaman Amangkurat I, Nomor 3 Paling Brutal

Senin, 21 November 2022 | 06:30 WIB
X