• Rabu, 7 Desember 2022

5 Kekejaman Amangkurat I, Nomor 3 Paling Brutal

- Senin, 21 November 2022 | 06:30 WIB
Makam Amangkurat I. Foto: Istimewa
Makam Amangkurat I. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Amangkurat I merupakan Raja Mataram yang dikenal karena kekejamannya. Nama kecilnya adalah Raden Mas Sayidin, putra Sultan Agung Hanyakrakusumo dan Ratu Wetan (wilayah timur).

Saat dewasa, dia diangkat menjadi Adipati Anom atau putra mahkota dan mendapat gelar kebangsawanan Pangeran Arya Prabu Adi Mataram. Saat ayahnya mangkat, pada 1645, dia menggantikan posisinya di keraton Kartasura.

Gelarnya saat itu Sri Susuhunan Ing Ilaga. Baru pada 1646, dia dinobatkan menjadi Raja Mataram menggantikan ayahnya dengan gelar Sri Susuhunan Prabu Amangkurat Agung Ing Mataram atau populer Amangkurat I.

Baca juga: Banjir Darah di Tanah Mataram, Amangkurat I Bunuh 6.000 Ulama Islam dalam Waktu 30 Menit

Bertolak belakang dengan Sultan Agung Hanyakrakusumo, Amangkurat I dikenal sangat kejam. Disarikan dari berbagai sumber, berikut daftar kekejaman Amangkurat I yang berhasil dihimpun Harian Massa:

1. Pembunuhan Tumenggung Wiraguna dan Danupaya

Amangkurat I memimpin Mataram dengan sangat otoriter. Sistem pemerintahannya sentrasilasi atau terpusat. Saat dia memutuskan berhubungan dengan VOC banyak pejabat keraton yang tidak setuju dengannya.

Di antara yang tidak setuju dengan kebijakannya itu adalah Tumenggung Wiraguna dan Danupaya. Mengetahui hal itu, Amangkurat I langsung membunuh keduanya dengan dalih merebut wilayah Blambangan.

Baca juga: Hedonisme Masyarakat Jawa masa Majapahit, Suka Mabuk-mabukan dan Berbuat Zina

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Kekejaman Amangkurat I, Nomor 3 Paling Brutal

Senin, 21 November 2022 | 06:30 WIB
X