Dibuka Hari Ini, Gebyar Batik Sleman 2022 Pamerkan 40 Karya Masterpiece

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 08:25 WIB
Ketua Dekranasda Sleman Sri Purnomo bersama jajaran pengurus Dekranasda Sleman
Ketua Dekranasda Sleman Sri Purnomo bersama jajaran pengurus Dekranasda Sleman

HARIAN MASSA - Gong dibunyikan menandakan Gebyar Batik Sleman 2022 sudah dimulai. Acara yang dibuka oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman Sri Purnomo ini dilaksanakan di Gedung Dekranasda Sleman, Kamis 20 Oktober 2022.

Di hari pertama, Gebyar Batik Sleman menyajikan rangkaian kegiatan antara lain, Lomba Mewarnai Tema Batik Sleman dan Bisnis Talk "Semua Bisa Jadi Wirausaha!" di Gedung Dekranasda). Sementara Play & Learn, Batik Fun Art, dan Special Performance dilaksanakan di Sleman City Hall.

Selain itu, Gebyar Batik Sleman 2022 juga menggelar pameran batik-batik masterpiece dengan diskon hingga 30% dari sekitar 40 perajin batik. Pameran ini berlangsung hingga 24 Oktober nanti.

Dalam pembukaannya, Sri Purnomo mengatakan, di Kabupaten Sleman terdapat 90 lebih karya batik Sleman, dan dari 40 perajin sudah dikurasi dan layak jual.

"Mereka ini harus didukung untuk pemasaran, baik secara luring maupun daring, sehingga pada masa pascapandemi mereka dapat segera bangkit," kata Sri Purnomo.

Dia menuturkan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu perajin batik di Sleman dalam promosi maupun pemasaran produk. 

"Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya mendukung penetapan DIY sebagai Kota Batik Dunia oleh PBB," katanya.

Mantan Bupati Sleman dua periode ini menjelaskan, Gebyar Batik Sleman merupakan alat promosi dan pemasaran produk industri kecil menengah di Kabupaten Sleman. Sekaligus sebagai wujud dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha kecil menengah.

"Rangkaian acara Gebyar Batik Sleman ini adalah suatu upaya memaksimalkan peran dan program Dekranasda Kabupaten Sleman dan dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha kecil menengah, terutama perajin batik," katanya.

Halaman:

Editor: Giri Prakosa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Ken Dedes dan Akhir Riwayat Tunggul Ametung

Senin, 23 Januari 2023 | 14:58 WIB

Ken Arok, Titisan Dewa Wisnu yang Menjadi Perampok

Jumat, 20 Januari 2023 | 11:23 WIB

5 Kekejaman Amangkurat I, Nomor 3 Paling Brutal

Senin, 21 November 2022 | 06:30 WIB
X