• Jumat, 7 Oktober 2022

DN Aidit dan Peran Tenaga Penggerak dalam Proklamasi 17 Agustus 1945 (1)

- Rabu, 21 September 2022 | 07:25 WIB
DN Aidit dan istri. Foto: Istimewa/HarianMassa
DN Aidit dan istri. Foto: Istimewa/HarianMassa

HARIAN MASSA - Peran tenaga penggerak dalam peristiwa pernyataan proklamasi kemerdekaan, pada 17 Agustus 1945, sangat penting. Terdapat banyak nama, dan tokoh yang terlibat dalam peristiwa bersejarah itu.

Dipa Nusantara (DN) Aidit merupakan salah satu dari sederet tokoh penggerak dalam pernyataan proklamasi itu. Bersama sejumlah tokoh lainnya, Aidit merancang penculikan terhadap Bung Karno dan Bung Hatta.

Sebagai pemuda dari golongan komunis, perannya pada masa itu cukup penting. Tanpa kehadiran para pemuda ini, peristiwa kemerdekaan Indonesia tentu akan lain jalan ceritanya. Seperti apa? Berikut ulasan Harian Massa.

Baca juga: Kisah Rasuna Said Dipenjara Belanda karena Menolak Bujukan Daniel van der Meulen

Pada masa penjajahan Jepang, penindasan terhadap tenaga-tenaga revolusioner sangat kejam. Aktivitas organisasi dan partai tidak bisa dilakukan secara terang-terangan. Meski demikian, mereka tetap saling terhubung.

Hal ini menimbulkan kelemahan dan mengakibatkannya gerakan tercerai berai, sendiri-sendiri atau berkelompok.

Aidit menjadi seorang komunis sejak tahun 1943. Dia dipengaruhi oleh Widarta, tokoh komunis tua. Saat itu, Aidit sudah menjadi tokoh pemuda Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo), di mana Widarta memiliki peran penting.

Baca juga: DN Aidit, Gembong PKI yang Pandai Menghafal Alquran

Aidit juga bergabung dengan Gerakan Indonesia Merdeka (Gerindom) yang didirikan para pemuda revolusioner di gedung Menteng 31. Dia menjabat sebagai Dewan Politik Gerindom, dengan anggota MH Lukman dan Suko.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Entong Gendut dan Riwayat Pemberontakan Condet 1916

Selasa, 6 September 2022 | 08:45 WIB
X