• Rabu, 7 Desember 2022

Hidangan Istimewa Ratu Elizabeth di Jakarta, Sup Penyu dan Sapi Panggang Saus Hati Angsa

- Sabtu, 10 September 2022 | 08:25 WIB
Ratu Elizabeth. Foto: Istimewa
Ratu Elizabeth. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Kunjungan Ratu Elizabeth ke Jakarta, pada 1974, membuat ibu kota Indonesia sangat sibuk. Semua persiapan dilakukan untuk menyambut tamu agung itu. Termasuk sajian makanannya.

Saat berkunjung ke Jakarta, Ratu Elizabeth sempat mampir ke Hotel Indonesia (HI). Saat itu, tempat ini sangat terkenal karena sajian makanannya yang istimewa. Ratu Elizabeth pun berkunjung ke tempat ini.

Tetapi bukan hanya Ratu Elizabeth tamu spesial yang pernah mampir makan di HI. Sejumlah tamu agung lainnya, seperti Ratu Juliana dari Belanda, Syah Iran, dan Norodom Sihanouk pun pernah makan di sini.

Baca juga: Friedrich Silaban Arsitek Beragama Kristen Protestan yang Mendesain Masjid Istiqlal

Seperti diungkapkan oleh Felix Joufrey, sang koki asal Prancis. Karena dirinya lah, hidangan Istimewa para tamu agung itu bisa terpuaskan. Dirinya pun masih ingat menu yang disajikan untuk Ratu Elizabeth.

"Ratu Elizabeth dari Inggris, disajikan sup penyu (turtle soup) dan tournedos rossini (daging sapi panggang) dimakan bersama sauce madere au foie fras (saus hati angsa)," katanya, dikutip dari Hotel Indonesia, Sabtu (10/9/2022).

Tidak banyak yang mencatat dan ingat hidangan Ratu Elizabeth selama kunjungannya di Indonesia itu. Hidangan sup penyu yang dipilih Felix Joufrey untuk Ratu Elizabeth memang bukan tanpa alasan.

Baca juga: Riwayat Bom Atom Hiroshima-Nagasaki dan Kekalahan Jepang di Perang Dunia II

Sup penyu merupakan hidangan istimewa yang sangat digemari para bangsawan Inggris. Bahan-bahan masakan menu ini juga saat itu sangat mudah didapatkan di Indonesia. Sehingga tidak salah kiranya pilihan Felix saat itu.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Kekejaman Amangkurat I, Nomor 3 Paling Brutal

Senin, 21 November 2022 | 06:30 WIB
X