• Kamis, 18 Agustus 2022

Ternyata Kurban Sapi Bisa untuk 8 Orang, Simak Penjelasan Kiai Wahab

- Minggu, 10 Juli 2022 | 08:35 WIB
Kiai Wahab. Foto: Istimewa
Kiai Wahab. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Peringatan Hari Raya Idul Adha, kerap diwarnai dengan menyembelih hewan kurban. Satu ekor sapi, biasanya untuk tujuh orang. Tetapi bisakah untuk delapan orang?

Kisah Kiai Wahab tentang kurban sapi ini cukup menarik disimak. Seperti dikutip dari Twitter Sejarah Ulama @SejarahUlama. 

"Suatu hari menjelang Idul Adha, seseorang datang menghadap Kiai Bisri. Dia bermaksud melaksanakan qurban dengan menyembelih seekor sapi," tulis akun itu, dikutip Minggu (10/7/2022). 

Baca juga: Banjir Darah di Tanah Mataram, Amangkurat I Bunuh 6.000 Ulama Islam dalam Waktu 30 Menit

Namun, sebelumnya dia berkonsultasi dulu dengan Kiai Bisri, terkait dengan maksud dan aturan untuk menyembelih seekor sapi.

Orang tersebut rupanya bingung. Anggota keluarganya ada delapan orang, dengan rincian 7 dewasa dan satu balita. Adapun yang dia tanyakan, apakah boleh kurban satu ekor sapi untuk delapan orang.

Namun, Kiai Bisri menjawab tidak boleh, dan tidak bisa. Padahal, maksud orang tersebut baik, dia ingin semua anggota keluarganya berada dalam satu kendaraan. Sehingga tidak berpencar. 

Baca juga: Hedonisme Masyarakat Jawa masa Majapahit, Suka Mabuk-mabukan dan Berbuat Zina

"Mendengar pertanyaan tersebut, Kiai Bisri menjawab, tidak bisa. Qurban sapi, kerbau atau unta, hanya berlaku untuk tujuh orang," kata Kiai Bisri tegas, sesuai dengan dasar hukum kurban. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X