• Sabtu, 28 Mei 2022

Sabotase, Gerakan Melumpuhkan yang Sangat Berbahaya

- Jumat, 13 Mei 2022 | 08:03 WIB
Ilustrasi dugaan gerakan sabotase. Foto: Istimewa
Ilustrasi dugaan gerakan sabotase. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Sabotase merupakan sebuah gerakan. Kegiatan ini dilakukan secara terorganisir untuk merusak dan melumpuhkan.

M Prawiro dalam tulisannya, seperti dikutip dari Maxmanroe menyebut, sabotase merujuk pada suatu aktivitas merusak atau mengganggu suatu pihak yang dilakukan secara disengaja dan terencana.

Menurut asal katanya, sabotase berasal dari bahasa Perancis, yaitu “sabot” yang artinya sepatu kayu. Pada masa abad ke-19, saat terjadi PHK massal dan pengangguran di Perancis akibat industri Perancis.

Baca juga: Tinggal Puing: Berikut Deretan Foto Pasca Kebakaran Pasar Ciputat

Beberapa masyarakat yang kecewa melakukan tindakan perusakan mesin-mesin industri dengan memasukkan sepatu kayu ke dalamnya.

Kemudian, kata “sabot” diadaptasi ke dalam bahasa Inggris, yaitu menjadi “sabotage” di mana artinya adalah merusak.

Dalam perang, istilah sabotage sangat berhubungan dengan spionase untuk mendeskripsikan aktivitas individu atau group yang bertujuan menghancurkan atau merusak suatu sasaran.

Baca juga: ACP IGD RSU Tangsel Roboh, Pemkot Siapkan Anggaran Perbaikan Gedung

Dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian sabotase adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk merusak dan merugikan pihak lain yang dilakukan secara disengaja, dan terencana.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X