• Sabtu, 21 Mei 2022

DN Aidit, Gembong PKI yang Pandai Menghafal Alquran

- Senin, 4 April 2022 | 07:15 WIB
DN Aidit. Foto: Istimewa
DN Aidit. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Dipa Nusantara (DN) Aidit, merupakan sosok antagonis dalam sejarah Indonesia modern. Dia berhasil menghidupkan kembali Partai Komunis Indonesia (PKI) sejak dihancurkan, pada 1948.

Di bawah kepemimpinannya, PKI bisa berkembang pesat. Bahkan menjadi partai komunis terbesar ketiga di dunia, setelah RRC dan Uni Soviet. Hal ini membuat Indonesia sangat ditakuti oleh negara-negara Barat.

Saat meletus Gerakan 30 September (G30S), yang menculik dan membunuh jendera-jenderal TNI AD, Aidit disebut-sebut sebagai dalangnya. Namun, sejauh mana keterlibatannya hingga kini masih belum jelas.

Baca juga: Film Janur Kuning Propaganda Orde Baru Tonjolkan Peran Soeharto Hapus Klaim Sultan

Tanpa pengadilan, dia langsung dieksekusi mati. Hingga kini, sejarah mencatatnya sebagai tokoh yang memberontak.

Namun, tidak banyak yang tahu sebenarnya sosok Aidit. Termasuk, kepandaiannya dalam membaca Alquran. Dia belajar membaca Alquran sejak kecil, bahkan telah khatam 3 kali dan dikenal sebagai pembaca Alquran.

Keterangan ini datang dari Salim Said, saat mengunjungi rumah dinas Aidit. Ketika itu, dia menemukan satu roll kecil pita rekaman. Awalnya, dia menduga rekaman itu berisi dokumen penting. Setelah didengar, ternyata berisi pengajian.

Baca juga: Riwayat Rokok Menyan Jangkrik Genggong di Lampung, Digemari PKI dan Buruh Tani

"Ketika pita rekaman itu kami putar, ternyata isinya pengajian Islam yang dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran.. Pada masa kecilnya, Aidit">DN Aidit konon juga dikenal sebagai pembaca Alquran yang fasih," katanya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X