• Sabtu, 21 Mei 2022

Penampakan Pabrik Gula Serpong dan Sungai Cisadane masa Hindia Belanda

- Minggu, 13 Maret 2022 | 11:27 WIB
Pabrik gula Serpong tampak luas. Foto: Istimewa
Pabrik gula Serpong tampak luas. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Tidak banyak yang tahu, bahwa di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel), tepatnya di Serpong, pernah ada pabrik gula. 

Berdasarkan foto lukisan rijksmuseum yang diunggah Instagram tangerang_heritage.new, tampak pabrik gula Serpong itu sangat luas. 

"Serpong pada masa kolonial Hindia Belanda, dikenal sebagai daerah perkebunan karet, di mana terdapat pula pabrik pengolahan karet yang terletak di Cilenggang," tulis akun itu, dikutip Minggu (13/3/2022). 

Baca juga: Mengungkap Penyamaran Soeharto, Pertemuan Rahasia dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Tentang keberadaan perkebunan karet di Serpong, masyarakat mungkin sudah banyak tahu. Tetapi, tidak dengan keberadaan pabrik gula. 

 "Ada hal yang menarik bahwa jauh sebelum menjadi daerah penghasil karet, di wilayah Serpong, pernah terdapat sebuah pabrik gula," jelasnya.

Dalam sebuah lukisan yang diperkirakan berasal dari tahun 1842 disebutkan, bahwa terdapat pabrik gula Serpong yang lokasinya tepat berada di tepi Sungai Cisadane. Dalam lukisan, pabrik itu terlihat luas. 

Baca juga: Kisah Bilal bin Rabah Mengumandangkan Azan di Atas Kabah

Pada pabrik itu, terlihat empat cerobong asap dengan bentuk bangunan yang cukup besar dengan pemandangan gunung di belakangnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X