• Sabtu, 21 Mei 2022

Kisah Teladan Asmaul Husna Al Mukmin, Bersembunyi di Gua Tsur

- Jumat, 11 Maret 2022 | 07:20 WIB
Gua Tsur. Foto: Istimewa
Gua Tsur. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Al Mukmin atau pemberi keamanan merupakan nama Allah yang keenam dalam Asmaul Husna. Al Mukmin juga merupakan doa harian yang jika dibaca 630 kali dapat memberikan keselamatan.

Kisah teladan dari Al Mukmin ini diambil dari riwayat Rasulullah. Dikisahkan, saat itu Rasulullah sedang bersama dengan Abu Bakar. Mereka hendak melakukan perjalanan ke Madinah. Namun, di tengah jalan mereka dikejar kafir Quraisy.

Mereka pun akhirnya bersembunyi di dalam gua Tsur. Ketika berada di dalam gua, Rasulullah melihat wajah Abu Bakar sangat ketakutan. Wajahnya tampak sangat pucat, seperti tidak ada darah yang mengalir dari wajahnya.

Baca juga: Kisah Teladan Asmaul Husna As Salaam, Kaum Musyrikin Mengolok-olok Rasulullah

Melihat Abu Bakar, Rasulullah berkata: "Tenanglah, karena Allah bersama kita."

Benar saja, tidak kemudian keajaiban terjadi. Sebatang pohon tiba-tiba menutup bibir gua. Tidak lama berselang, ada laba-laba membuat sarang di pohon itu. Kemudian, dua ekor burung berdiri antara celah pohon dan sarang laba-laba.

Sehingga, dari luar gua Tsur tampak seperti tidak berpenghuni, karena tertutup rapat oleh batang pohon dan sarang laba-laba. Pasukan kafir Quraisy pun tidak dapat menemukan Rasulullah dan Abu Bakar.

Baca juga: Kisah Asmaul Husna: Sepotong Roti Ali bin Abi Thalib dan Fatimah

Dalam kisah ini, Allah menunjukkan sifat Al Mukmin atau pemberi keamanan dari marahabaya bagi hambanya yang taat.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X